Komisaris dan Direksi Bank NTT saat pose bersama, di Aula lantai 4 kantor Bank NTT, Rabu 17 Juli 2019 (Foto: Tarsi Salmon/Vox NTT)
alterntif text

Kupang, Vox NTT – PT Bank NTT akan menjadi pintu masuk bagi investasi di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dan seluruh pengelolaan keuangan daerah dan investasi itu akan melalui Bank NTT,” kata Direktur utama (Dirut) Bank NTT Ishak Eduard Rihi kepada wartawan di Lantai 4 Kantor Bank NTT, Rabu (17/07/2019).

Karena itu, kata Ishak, Bank NTT akan menyiapkan dua portal besar yakni, pertama, Integrated Economic Recovery On Line System (INTERCOST).

Ia mengatakan, sistem itu akan mensinergikan semua komponen melalui teknologi.

“Nah, sistem itu cord banking namanya intercost itu akan dimulai dari meeting ekonomi sampai pengelolaan kredit, pengendalian kredit itu berbasis ITE semua,” ujar Ishak.

Kedua,  kata dia, Bank NTT akan menyiapkan mobile banking itu menjadi NTT Pay.

alterntif text

NTT Pay itu adalah aplikasi di android, di handphone yang akan memastikan bahwa kalau orang datang ke NTT dia harus instal aplikasi itu dan memakai untuk transaksional di NTT. Itu yang kita kembangkan,” jelasnya.

Kemudian lanjut dia, Bank NTT juga menyiapkan ekosistem pembiayaan infrastruktur dan industrialisasi.

“Jadi, kita tidak lagi membiayai parsial tetapi kita membiayai sampai ekosistem. Misalnya pariwisata mulai dari revitalisasi obyek wisata, kemudian revitalisasi rumah rakyat menjadi home stay untuk tempat-tempat penginapan. Membiayai aktelatifnya, membiayai orang datang ke tempat pariwisata itu dibiayai secara ekosistem,” ungkapnya.

Ishak mencontohkan ekosistem kopi. Pihaknya meminta Kopi Bajawa dan sudah disepakati untuk kredit industrialisasi kopi dan ekosistem kopi

“Ngada sudah sepakat untuk kredit industrialisasi kopi, ekosistem kopi. Mulai dari tanam, sampai pabrik, dan sampai jual itu dalam bentuk saset dalam bentuk produk-produk kopi. Itu yang kami lakukan,” katanya.

Sehingga, ke depan kata dia, program pemerintah untuk memproteksi produk lainnya.

“Mungkin tidak ada lagi kopi dari luar lagi masuk tetapi kita pakai kopi Flores. Nah, skema ini kita sedang lakukan. Pembiayaan ekosistem pariwisata, pertanian, peternakan, dan produk unggulan lainnya sedang disiapkan oleh Bank NTT,” pungkasnya.

Dengan skema itu lanjut dia, Bank NTT kedepan akan menjadi pintu masuk investasi dan betul-betul akan menjadi trigger power house bagi NTT sejahtera.

“Nah, ini yang sedang dikerjakan oleh Bank NTT, inovasi-inovasi besar. Kita berterima kasih kepada pemerintah atas kepercayaan ini kepada kami. Dan dua portal besar ini bisa dikerjakan dua tiga bulan ke depan,” tutup Ishak.

Penulis: Tarsi Salmon
Editor: Ardy Abba