Tampak para peserta mengikuti HUT RI ke-74 melalui jalur tracking (Foto : Doc. TN Kelimutu)
alterntif text

Ende, Vox NTT-Pihak pengelola Taman Nasional (TN) Kelimutu di Ende, Flores, NTT memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Tugu Puncak Danau Kelimutu pada Sabtu (17/08/2019).

Upacara tersebut dipimpin Kepala Balai TN Kelimutu, Agus Sitepu yang bertindak sebagai Pembina Upacara.

Uniknya, dalam upacara tersebut pihak otoritas TN Kelimutu mengibarkan bendera pemberian Presiden Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Kepala SPTN Wilayah I Moni Balai TN Kelimutu, Teguh Ismail selaku panitia penyelenggara menyebutkan, bendera tersebut merupakan bentuk penghargaan Jokowi terhadap petani teladan tingkat nasional dari Desa Waturaka pada tahun 2015.

“Bendera yang dikibarkan pada acara di tugu ini merupakan bendera  pemberian dari bapak Presiden (Ir. H. Joko Widodo) pada tahun 2015 sebagai penghargaan (Petani teladan tingkat nasional dari Desa Waturaka) yang merupakan desa penyangga TN Kelimutu,”jelas Teguh kepada Voxntt.com pada Minggu (18/08/2019) pagi.

Teguh menerangkan, upacara di Tugu Danau Kelimutu tersebut selain memeriahkan acara 17 Agustus juga untuk mempromosikan jalur tracking ke Kelimutu.

Menurutnya, danau tiga warna tersebut mesti terus dilakukan promosi untuk menarik kunjungan wisatawan.

“Awalnya kita melakukan penyambutan peserta yang berangkat melalui jalur tracking Kelimutu oleh Kepala Balai TN Kelimutu yang telah berangkat sehari sebelumnya dari Desa Wologai Tengah,”katanya.

Teguh menjelaskan, apel HUT tersebut dilibatkan masyarakat sekitar misalnya kelompok masyarakat binaan Mutu Lo’o Waturaka yang menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Upacara ini juga diikuti kelompok Anak Cinta Lingkungan Ende, Himpunan Masyarakat Pecinta Alam dan Seni (HIMAPAS) Du’a Ngara Kelimutu yang berinisiatif melaksanakan upacara di tugu dengan melalui jalur tracking, para pedagang, sebagian pegawai Balai TN Kelimutu serta pengunjung baik lokal maupun mancanegara.

“Upacara HUT RI ke-74 di puncak Tugu Danau Kelimutu berjalan sederhana, lancar dan meriah serta dilanjutkan dengan foto dan akhirnya membersihkan sampah area wisata Kelimutu,”jelas Teguh.

“Merdeka Indonesia-Ku, Merdeka Konservasi Alam-K, Lestari TN Kelimutu-Ku, Ayo Bangkit Menuju SDM UNGGUL, INDONESIA MAJU Yang Harmonis dengan ALAM sekitar,” kata Teguh.

Penulis : Ian Bala

Editor: Irvan K

alterntif text