Peserta Pra PPAB GMNI Cabang Manggarai yang sedang mempekenalkan diri kepada seluruh peserta yang hadir
alterntif text

Ruteng,  Vox NTT – Sebanyak 213 peserta mengikuti Pra Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Manggarai.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Sekretariat GMNI Manggarai di Jalan Tamur, Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Rabu (09/10/2019).

Ketua panitia pelakasana Fidelis Saru menjelaskan, peserta yang mengikuti Pra PPAB berasal dari tiga kampus di Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai.

Dalam agenda panitia,  jadwal Pra PPAB akan dilaksanakan sejak tanggal 9 -11 Oktober 2019.

Sementara pelaksanaan PPAB kata dia, akan dilaksanakan pada tanggal 12 – 13 Oktober 2019 di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai.

“Peserta yang hadir berasal dari tiga kampus, yakni Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) St. Paulus Ruteng,  Sekolah Tinggi Pastoral (STIPAS) St. Sirilus Ruteng,  dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)  Karya Ruteng,” ungkap Fidelis kepada VoxNtt.com,  Rabu (09/10/2019).

Fidelis menambahkan, jumlah peserta bisa saja bertambah. Hal itu lantaran masih ada peserta yang telah mendaftar, namun belum hadir saat pelaksanaan Pra PPAB hari pertama.

Saat bersamaan, Ketua GMNI Manggarai Rikardus Joman menjelaskan, Pra PPAB merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan sebelum pelaksanaan PPAB.

Dalam agenda ini kata dia, akan dilakukan perkenalan perserta dan memberikan motivasi kepada peserta yang hendak mengikuti PPAB.

Joman menjelaskan, PPAB adalah pekan penerimaan anggota baru GMNI yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa Indonesia.

PPAB berfungsi sebagai media perkenalan organisasi kepada seluruh mahasiswa Indonesia, sebagai calon anggota GMNI agar bisa memahami organisasi itu.

Di PPAB, calon anggota dapat memahami peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab, serta visi dan misi GMNI. Mereka bisa mengetahui peran GMNI dalam berbangsa dan bernegara.

Dikatakan, GMNI merupakan organisasi perjuangan sekaligus terminal kader.

Joman mengharapkan, melalui proses PPAB para calon anggota akan berminat untuk menetapkan pilihannya bergabung dengan GMNI. Itu terutama sebagai generasi muda yang peka akan ketimpangan kondisi di sekitarnya.

“Tujuan PPAB adalah melakukan rekrutmen anggota secara massal sebanyak-banyaknya. Hal ini sebagai bentuk perluasan basis massa organisasi sekaligus sebagai bentuk dari penyebarluasan faham/ideologi Marhaenisme sebagai suatu cara hidup dan berprilaku, serta cara berpikir dalam menganalisa berbagai persoalan yang timbul dalam tataran pergaulan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Penulis: Pepy Kurniawan
Editor: Ardy Abba