PLN UIW NTT saat meresmikan EV Charging Station
alterntif text

Ruteng, Vox NTT- PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIWNusa Tenggara Timur (NTT) meresmikan Electric Vehicle (EV) Charging Stations, Senin (28/10/2019).

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ini merupakan yang pertama di NTT.

Peresmian ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-74 yang jatuh pada 27 Oktober kemarin.

SPKLU yang bertempat di Kantor PLN UIW NTT tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi yang dibuat oleh PLN untuk mendukung Electrifying Lifestyle.

General Manajer PLN UIW NTT Ignatius Rendroyoko dalam rilis yang diterima VoxNtt.com, kehadiran SPKLU menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan kendaraan listrik di Indonesia, khususnya NTT dengan daya sebesar 5500 VA.

SPKLU diharapkan bisa meminimalisasi konsumsi bahan bakar minyak. Sehingga secara perlahan dapat digantikan dengan sumber energi lain yang lebih ramah lingkungan.

Selainitu, keberadaan SPKLU juga bisa digunakan untuk mengatasi ketidakseimbangan konsumsi BBM.

Ignatius menyampaikan komitmen PLN mengajak pemerintah daerah dan masyarakat NTT untuk bersama- sama menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, baik kendaraan roda dua maupun empat.

Menurut dia, PLN sudah memasang SPLU yang tersebar di semua kabupaten di wilayah NTT.

SPLU akan ditambah terus pada tempat-tempat umum, dimana pada November dan Desember dalam Kota Kupang akan dipasang di Taman Tirosa, Taman Nostalgia dan TamanWisata Mangrove Oesapa.

Ignatius menegaskan, PLN siap menambah SPLU jika ada permintaan dari pemerintah sebagai pelopor kendaraan listrik.

Ia menambahkan, dengan tema “Bersama SDM Unggul Terangi Indonesia”, PLN NTT berkomitmen meningkatkan rasio elektrifikasi di provinsi itu.

PLN, kata dia, juga terus berupaya menyelesaikan pembangunan infrastruktur kelistrikan untuk mendorong roda perekonomian di NTT.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang ke-91, Ignatius mengimbau pemuda-pemudi PLN untuk terus bersinergi untuk menerangi negeri.

Hal ini sesuai dengan tema Hari Sumpah Pemuda tahun ini yakni, “Bersatu Kita Maju”.

“Dua hari peringatan dan juga kedua tema tersebut dapat dikolaborasikan, sehingga para pemuda-pemudi terbaik bangsa di perusahaan ini saling bersinergi untuk memajukan bangsa dan menerangi negeri. Generasi terus silih berganti, tetapi semangat Sumpah Pemuda tidak akan mati. Di PLN, pemuda-pemudi terbaik bangsa membuktikannya, melistriki daerah-daerah di setiap wilayah nusantara agar terus menyala,” ucap Ignatius dalam sambutannya saat acara peresmian itu.

Penulis: Ardy Abba