Tiga komisioner Bawaslu Manggarai saat konfrensi pers, Sabtu 13 April 2019 (Foto: Ardy Abba/ Vox NTT)
alterntif text

Ruteng, Vox NTT- Badan Pgawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manggarai segera melakukan perekrutan secara terbuka calon anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 mendatang.

Pembentukan Panwascam dalam Pilkada serentak ini sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua Pokja Pembentukan Panwascam Pilkada 2020 Marselina Lorensia menjelaskan, pembentukan Panwascam untuk Pilkada 2020 adalah perintah UU 7 tahun 2017, UU 10 tahun 2016, Perbawaslu 19 tahun 2017 yang diubah menjadi Perbawaslu 8 tahun 2019, Permendagri 54 tahun 2019, Perbawaslu 7 tahun 2019, PKPU 15 tahun 2019 dan lebih lanjut secara rincih tertuang dalam surat keputusan ketua Bawaslu RI bernomor 0883/K.BAWASLU/KP.01.00/XI/2019 tentang Pedoman Pelaksanaan pembentukan Panwas kecamatan.

Panwas Kecamatan untuk Pilkada 2020 di Kabupaten Manggarai, kata dia, adalah panitia yang dibentuk untuk mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Perekrutan Panwascam ini dilakukan secara serentak dengan ratusan kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Karena itu, menurut Marselina Panwascam yang dipilih harus mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, profesional, akuntabel, efektif dan efisien, serta memperhatikan keterwakilan perempuan.

Lebih lanjut, jelasnya, Pokja pembentukan Panwas kecamatan juga sudah menyiapkan timeline jadwal seleksi.

Hal itu mulai dari tahapan pengumuman pendaftaran, penerimaan berkas, pemeriksaan administrasi, tes tertulis yang dilakukan secara online, tanggapan masyarakat terhadap calon anggota, wawancara dan sebagainya.

“Untuk tes tertulis sesuai ketentuan menggunakan sistem online, untuk mendukung hal ini kami sudah koordinasi dengan beberapa lembaga yang memiliki perangkat komputer dan kapasitas jaringan internet yang memadai,” ujarnya di Ruteng, Rabu (13/11/2019)

Dikatakan, mulai tanggal 13-26 November pihaknya mengumumkan kepada publik terkait syarat dan kelengkapan yang harus dipenuhi calon anggota Panwascam.

Pada tanggal 27 November baru dibuka pendaftaran.

“Silakan bagi warga yang berminat dan memenuhi syarat untuk siap mendaftan dan untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan Bawaslu kabupaten Manggarai juga sudah menyiapkan saluran komunikasi seperti website Bawaslu, akun media sosial dan sejumlah saluran lainnya yang telah disiapkan,” kata Marselina.

Penulis: Ardy Abba