Ignasius Padur
alterntif text

Ruteng, Vox NTT- Uskup Ruteng yang baru segera diumumkan, Rabu (13/11/2019), pukul 18.30 Wita.

Pengumuman Uskup pengganti Administrator Apostolik Mgr. Dr. Silvester San itu bakal diumumkan di Gereja Katedral Ruteng usai ibadat sabda.

Merespon hal ini, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Ruteng mengungkapkan harapannya untuk kepemimpinan Uskup yang baru.

“Semoga Uskup Ruteng yang baru bisa menjadi pemimpin Gereja yang jujur, berwibawa, adil, mengayomi, dan memikirkan nasib umatnya,” harap Ketua Presidium PMKRI Ruteng, Ignasius Padur kepada VoxNtt.com, Rabu sore.

Padur mengatakan, Uskup adalah pemimpin yang menjadi panutan sekaligus sebagai pengarah kehidupan bagi umat Katolik. Keterpilihan sebagai Uskup tentu saja karena dianggap pantas memimpin Keuskupan Ruteng ke depannya.

“Saya berharap Ruteng yang baru nanti tidak tertutup dan mau menyatu dengan umat, merasakan penderitaan umatnya,” kata Padur.

Dikabarkan sebelumnya, informasi adanya Uskup Ruteng yang baru diketahui dari undangan yang sudah tersebar luas di group WhatsApp.

Undangan dikabarkan bersumber dari Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Ruteng RD. Alfons Segar.

Dalam pesan yang beredar itu, Pastor Alfons mengundang Vikaris Episkopalis (Vikep), Profensial, para imam, biarawan/i, dan Ketua Dewan Pengurus Paroki di Kota Ruteng.

Pastor Alfons mengajak agar menghadiri acara pengumuman Uskup baru Keuskupan Ruteng hari ini, Rabu (13/11), di Gereja Katedral Ruteng, pukul 18.30 Wita.

Sebelum Uskup baru diumumkan, akan dilakukan ibadat bersama di Gereja Katedral yang berlokasi di Jalan Pelita, Nomor 6, Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai itu.

Untuk diketahui, pasca Uskup Mgr. Hubertus Leteng mengundurkan dari jabatannya, Keuskupan Ruteng dipimpin oleh Administrator Apostolik Mgr. Dr. Silvester San.

Ia resmi menjabat sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng sejak 11 Agustus 2017 lalu.

Penulis: Ardy Abba