Komisioner Bawaslu Manggarai saat mewawancarai salah satu peserta seleksi Panwascam, Senin (16/12/2019) (Foto: Humas Bawaslu Manggarai)
alterntif text

Ruteng, Vox NTT – Bawaslu Kabupaten Manggarai menegaskan pada seleksi calon anggota Panwascam bebas dari parktik Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia menjelaskan calon anggota Panwascam harus melewati tiga tahap seleksi. Ketiganya yakni seleksi berkas, tertulis dan wawancara.

Pada kesempatan itu, Marselina memastikan proses seleksi dilakukan dengan mengedepankan prinsip penyelenggara Pemilu.

Koordinator Divisi SDM Bawaslu Kabupaten Manggarai itu juga menjelaskan perekrutan Panwascam berpedoman pada prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, proporsional, akuntabel, efisien dan efektif.

Ia mengungkapkan, tahap tes online anggota Panwascam di lingkungan Bawaslu Kabupaten Manggarai telah selesai.

“Kami akan menggabungkan nilai tes online dan hasil wawancara yang saat ini masih berjalan dan kemudian memutuskan tiga nama dengan peringkat paling tinggi untuk menduduki jabatan sebagai anggota pengawas kecamatan,” ungkapnya kepada VoxNtt.com, Selasa (17/12/2019).

”Tidak akan ada istilah titipan atau calon yang berafiliasi dengan partai mana pun serta calon mana pun,” tambahnya lagi.

Karena itu, Marselina pun berharap Panwascam yang akan terpilih nantinya harus siap melaksanakan tugas dan fungsi pencegahan, pengawasan dan penindakan dengan baik di wilayah kecamatan.

”Kita berharap Panwascam yang terpilih nanti, bisa menunjukkan kualitas yang baik dan mampu menjalankan fungsi pencegahan, pengawasan dan penindakan,” tegas Marselina.

Sebelumnya, sekitar 170 orang dari 12 kecamatan di Kabupaten Manggarai telah mengikuti tes online di SMK Informatika St. Petrus Ruteng-Flores-NTT.

Hingga kini, calon anggota Panwascam masih mengikuti sesi wawancara di Kantor Bawaslu Kabupaten Manggarai.

Sebanyak 11 kecamatan sudah mengikuti tes wawancara. Tiga komisioner Bawaslu Kabupaten Manggarai masih mewawancarai pelamar terakhir dari Kecamatan Langke Rembong dan ditargetkan selesai hari ini, Selasa (17/12).

Sementara, pengumuman hasil seleksi anggota Panwascam akan dilakukan pada hari Rabu, 18 Desember 2019 mendatang.

Penulis: Pepy Kurniawan
Editor: Ardy Abba