Wakil Bupati Lembata saat menerima kunjungan dari SDI Hama Hena di ruang kerjanya, Rabu, 15 Januari 2020 (Foto: Teddi Making)
alterntif text

Kupang, Vox NTT – Wakil Bupati Lembata Thomas Ola menerima kunjungan dari Sekolah Dasar Inpres (SDI) Hama Hena, Rabu (15/01/2020).

Kedatangan mereka untuk beraudiensi dengan Pemerintah Kabupaten Lembata.

Dalam kunjungan itu turut hadir delapan orang siswa yang menjadi perwakilan siswa SDI Hama Hena, beberapa guru dan kepala sekolah.

Ketua komite sekolah, kepala desa Waimatan dan beberapa orangtua murid juga ikut dalam kunjungan tersebut.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Lembata Thomas Ola menyampaikan terima kasih dan bangga kepada SDI Hama Hena, khususnya kepada para murid yang hadir dan bisa berinteraksi secara langsung dengan pemerintah.

Wabup Thomas juga merasa bangga karena baru pertama kali mendapat kunjungan dari pihak sekolah dasar.

“Hari ini saya bangga sekali karena semenjak menjadi Wakil Bupati baru kali ini saya menerima tamu dari pihak sekolah dasar dan yang datang bukan saja kepala sekolah beserta guru-guru tetapi yang menjadi menarik disini adalah anak-anak sekolah dasar. Suatu kehormatan bagi saya sebagai Wakil Bupati Lembata,” ungkap Thomas.

Pada kesempatan itu juga, ia memberikan beberapa wejangan terkait bagaimana mendesain tata kelola pemerintah secara adil dan benar berlandaskan kejujuran.

“Zaman sekarang kita sangat sulit menemukan orang jujur. Jujur dalam segala hal. Inilah prinsip utama dalam hidup bermasyarakat,” ucapnya.

Thomas juga mengimbau kepada pihak sekolah secara lembaga, para orangtua dan kepala desa untuk selalu setia menanamkan nilai-nilai kejujuran dan budi pekerti kepada anak atau peserta didik.

“Baik di sekolah maupun di rumah, mengingat anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar adalah harapan bagi masa depan dan sangat mudah memberikan semacam doktrin positif tentang pentingnya nilai-nilai tersebut,” ajak Wabup Thomas.

Jika tidak ditanamkan nilai-nilai kejujuran dan budi pekerti ujar dia, maka ketika beranjak dewasa moral dan budi pekerti anak-anak sekolah juga akan suram.

Sementara Kepala Sekolah SDI Hama Hena Emanuel Tana menyampaikan bahwa kunjungan itu sebagai bentuk dari pembelajaran luar sekolah untuk peserta didik.

Kunjungan itu juga kata dia, sebagai bentuk tanggung jawab dari lembaga pendidikan/sekolah dalam memotivasi, serta memperkenalkan kepada siswa tentang tugas pokok dan fungsi dari Bupati dan Wakil Bupati, beserta seluruh pejabat daerah.

“Seperti Sekda, Asisten 1, 2, 3 dan pejabat daerah lainnya yang ada di lingkup kerja setda Lembata,” pungkasnya.

Usai audiensi itu, Wabup Thomas  memfasilitasi rombongan siswa sekolah dasar untuk mengunjungi dan melihat secara langsung aktivitas para pejabat daerah di ruangan kerjanya masing-masing.

Tidak sampai di situ, Wabup Thomas memperkenalkan para pejabat daerah kepada para siswa.

Hal ini bertujuan agar para siswa bisa mengenal dan mengetahui secara langsung identitas dari para pejabat.

Adapun beberapa pejabat yang mereka temui seperti Sekda Lembata, Asisten 1, Asisten 2, Asisten 3, Kabag Pemerintahan, Kabag Hukum, Kabag Keuangan dan Kabag Humas dan Protokol.

Wabup Thomas kemudian memberikan seperangkat peralatan olahraga secara simbolis berupa satu set bola takraw beserta net sebagai bentuk dukungan bagi anak-anak dalam mengembangkan bakat olahraganya.

Penulis: Tarsi Salmon
Editor:  Ardy Abba