Mari Elka Pangestu (Foto: PasarDana)
alterntif text

Vox NTT- Indonesia kembali berbangga. Satu lagi nama yang menyusul Sry Mulyani Indrawati yang pernah duduk sebagai orang Indonesia pertama, yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Dia adalah Mari Elka Pangestu. Wanita Tionghoa-Indonesia kelahiran 23 Oktober 1956 itu ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk World Bank (Bank Dunia).

Mari Elka Pangestu merupakan perempuan yang pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia 2004 hingga 2011 dan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014.

Dilansir CNBC Indonesia, di situs www.worldbank.org, Presiden Bank Dunia David Malpass menyebut Mari Elka Pangestu memiliki kemampuan yang mumpuni.

“Pengalamannya … diakui secara global sebagai seorang ekonom dan peneliti. Bersama dengan pengalaman kepemimpinannya yang luas dan keterlibatannya dalam forum-forum internasional utama tentang masalah-masalah pembangunan yang penting, akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan mendesak kami di Grup Bank Dunia dalam mendukung luas Pertumbuhan berbasis dan pengentasan kemiskinan,” sebut David.

Mari Elka Pangestu pun mengatakan adalah suatu kehormatan besar dapat bergabung dengan Bank Dunia dalam misi pembangunan vitalnya.

“Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini pada tantangan mendesak yang dihadapi anggota Bank Dunia,” katanya dalam situs Bank Dunia itu.

Mari Elka Pangestu ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk World Bank (Bank Dunia) setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo mencalonkannya sebagai pejabat perwakilan Indonesia di Bank Dunia.

Pencalonan itu diketahui melalui pengakuan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia pada Oktober 2019 lalu.

Sumber: CNBC Indonesia
Editor: Ardy Abba