healthy groceries, oregano, melon, bread, cherry tomatoes isolated on white
alterntif textalterntif text

Jakarta, VoxNtt.com-Produk makanan organik berpeluang menjadi produk ekspor Indonesia ke Amerika. Kementerian Perdagangan menyebut produk makanan organik dan mengandung unsur alami banyak dicari konsumen di Amerika Serikat sehingga dapat berpeluang untuk diekspor ke negara adidaya itu.

“Ketika barang tidak banyak di seluruh dunia, konsumen akan menunggu, seperti barang atau makanan yang organik, berasal dari sumber alami. Ini sedang banyak dicari warga Amerika Serikat karena gaya hidup sehat sedang berkembang di sana,” kata Kepala Pusat Penanganan Isu Strategis Kementerian Perdagangan, Ni Made Ayu Marthini, kepada antaranews.com di Jakarta, Minggu (26/09/2016)

Marthini mengatakan, bisnis makanan dan minuman merupakan bidang usaha yang menjanjikan dan bisa bersaing meskipun ekonomi dunia sedang krisis.

Menurut dia, peluang Indonesia memasuki bisnis makanan organik pun sangat besar dengan keadaan geografis maupun geologi yang mendukung industri pertanian jangka panjang sehingga makanan dan minuman, terutama berbahan alami dan organik menjadi komoditas andalan.

Ia menjelaskan Indonesia bisa menyaingi China sebagai negara kemitraan terbesar Amerika Serikat karena China memiliki lahan pertanian yang kering dan tandus akibat pengembangan industri besar-besaran.

Adapun sebagai contoh, ia menyebut produk kelapa hijau menjadi ide bagi para eksportir yang ingin mengambangkan usahanya ke Amerika Serikat.

alterntif text

“Produk kelapa di Amerika Serikat dianggap sehat dan dunia pun juga lagi butuh karena tinggi permintaan. Sekarang yang sudah kita ekspor butiran air kelapa. Air kelapa banyak dikonsumsi setelah olahraga yoga dan berguna untuk menurunkan berat badan,” lanjut Marthini.

Menurut data Kementerian Perdagangan, penjualan makanan dan minuman pada 2010-2015 ke AS tumbuh 1,7 persen atau sebesar 9,4 miliar dolar Amerika Serikat dengan total 302,5 miliar dolar Amerika Serikat. (VoN)