Foto:beritasatu.com

VoxNtt.com-Musim lanina akan berdampak buruk pada kualitas kopi pada dataran rendah dan tinggi. Hal ini dikemukakan Asosiasi Exportir Kopi Indonesia di Semarang, Jawa Tengah, Senin, 08/09/2016.

“Kalau El Nino berdampak buruk bagi kopi yang ditanam di dataran rendah, untuk La Nina ini berdampak buruk bagi kopi di dataran rendah maupun tinggi,” kata Wakil Ketua AEKI Jawa Tengah, Mulyono Susilo kepada antaranews.com.

Dikatakan, pada saat musim El Nino di mana terjadi kemarau berkepanjangan, kopi yang berada di dataran tinggi akan tetap berproduksi dengan baik karena terbantu embun.

Hal ini jelasnya, berbeda dengan kopi di dataran rendah akan kekurangan pasokan air sehingga proses pembuahan tidak berjalan secara optimal.

“Sedangkan pada La Nina, intensitas hujan terjadi sangat sering, padahal tanaman kopi tidak dapat terkena air terlalu banyak. Kondisi ini menyerang seluruh tanaman kopi di dataran tinggi maupun rendah,” katanya.

Meski demikian, saat ini dampak dari La Nina belum terasa mengingat untuk tanaman kopi pengaruh musim baru dapat dirasakan satu tahun kemudian di mana panen mulai dilakukan. (VoN)