Inilah kesepuluh finalis putri pariwisata Nagekeo 2018. (Foto: Arkadius Togo/Vox NTT)

Mbay, Vox NTT-Tahun 2018 adalah kali pertama pelaksanaan pemilihan putri pariwisata untuk Kabupaten Nagekeo, NTT.

Pemilihan putri pariwisata tahun 2018 digelar oleh Pemkab Nagekeo melalui Dinas Pariwisata.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Nagekeo, Silvester Teda Sada, mengatakan melalui even ini pihaknya berikhtiar memotivasi dan menggali potensi putri-putri muda nan cantik.

Baca juga: Ini 10 Peserta Finalis Putri Pariwisata Nagekeo

Itu terutama agar dapat bersaing meningkatkan pengetahuan di bidang kepariwisataan dan modeling.

Selain itu, kata Silvester, pemilihan putri pariwisata adalah wadah berkompetisi dalam upaya mewujudkan generasi muda yang berkualitas dan berkompeten.

Baca Juga: Pemilihan Putri Pariwisata Nagekeo Dinilai Hanya Habiskan Uang Daerah

Selanjutnya, sebagai media informasi kepada masyarakat luas tentang kepariwisataan Kabupaten Nagekeo.

Putri pariwisata juga nantinya sebagai mitra pemerintah dalam mempromosikan daya tarik wisata dan nilai-nilai budaya daerah.

“Pemilihan putri pariwisata Kabupaten Nagekeo tahun 2018 juga menjadi pintu suksesnya daerah dalam mengangkat keberadaan generasi muda, para putri yang cerdas, berwawasan luas, berpenampilan menarik dan dapat membawa nama Nagekeo ke tingkat provinsi, nasional dan bahkan internasional,” jelas Silvester dalam laporannya saat seleksi 10 putri pariwisata Nagekeo di Lapangan Berdikari Danga Rabu (05/12/2018) malam.

Silvester menambahkan, putri pariwisata Kabupaten Nagekeo nantinya akan menjadi endorser. Ia memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan sektor pariwisata.

Putri pariwisata bukan hanya sekadar memperkenalkan daerahnya, tetapi juga diharapkan bisa mempromosikan apa saja yang terdapat di NTT dan Indonesia umumunya.

Ia mengatakan, putri pariwisata Nagekeo yang terpilih akan mewakili kabupaten itu ke ajang pemilihan putri pariwisata Provinsi NTT di Kupang. Jika sukses menjadi pemenang di sana, maka akan bertarung di tingkat nasional di Jakarta.

Silvester berharap para putri pariwisata Nagekeo yang terpilih mampu menjadi duta promosi daya tarik wisata kabupaten itu.

 

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Ardy Abba