Wabup Victor Madur pose bersama peserta seminar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di aula Efata Ruteng, Rabu, 5 Desember 2018 (Foto: Humas dan Protokol Kabupaten Manggarai)

Ruteng, Vox NTT- Wakil Bupati Manggarai Victor Madur menyatakan, kerukunan akan bisa terwujud, jika menghargai perbedaan di tengah masyarakat.

Ia mengatakan hal tersebut saat membuka seminar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di aula Efata Ruteng, Rabu (5/12/2018).

Tak hanya itu, menurut Victor kerukunan juga akan bisa terwujud, jika semua pihak hidup dengan menjujung tinggi kekeluargaan, damai dan penuh persaudaraan.

“Selain itu, kita juga harus memandang keberagaman sebagai modal terbaik untuk saling melengkapi sebagai makhluk sosial,” kata Wabup Victor sebagaimana dilansir fanpage Humas dan Protokol Kabupaten Manggarai.

Dalam sambutannya pula, Wabup Manggarai yang berpasangan dengan Deno Kamelus itu
mengapresiasi kegiatan kaum muda lintas agama yang digelar beberapa waktu lalu di Reo, Ruteng, dan di beberapa tempat lainnya.

Ia berharap FKUB menyiapkan langkah-langkah antisipatif dalam menghadapi perhelatan politik yang tak jarang memicu konflik horisontal.

“Forum ini (FKUB, red) diminta untuk mulai merancang langkah-langkah strategis, agar hubungan antarumat beragama di bumi Congka Sae ini tidak mudah disusupi oleh isu-isu partisan,” harapnya.

Untuk diketahui, seminar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di aula Efata Ruteng dimulai pukul 17.00 Wita.

Seminar tersebut dihadiri oleh Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng Mgr. Silvester San dan tokoh-tokoh lintas agama dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

Seminar yang dilaksanakan oleh FKUB dari tiga kabupaten ini bertema “Gerakan Selebrasi Kerukunan”.

Fokus seminar adalah tentang pentingnya peran tokoh agama dalam membangun kerukunan.

 

Penulis: Ardy Abba