Rumah warga di Wae Reca yang terendam banjir (Foto: Istimewa)

Borong, Vox NTT-Ratusan rumah warga Kota Borong ibu kota Kabupaten Manggarai Timur terendam banjir saat hujan lebat mengguyur pada Kamis, 6 Desember 2018.

Pantauan VoxNtt.com Kamis malam, terdapat sejumlah titik di Kota Borong yang terendam banjir. Itu antara lain di Kampung Nggeok, Wae Reca, Tambak, dan Kampung Ende.

Banjir yang merendam rumah warga di Kampung Wae Reca dan Tambak disebabkan air kali Wae Reca meluap saat hujan lebat mengguyur beberapa jam. Tak hanya merendam rumah warga, air hujan juga mengalir bebas di jalan akibat luapan drainase.

Banjir di Kampung Wae Reca sendiri setinggi lutut orang dewasa. Bahkan ada beberapa titik di kampung tersebut genangan air mencapai satu meter.

Selain merendam rumah, ternak babi milik warga juga dilaporkan hanyut terbawa banjir.

Sementara di Kampung Nggeok Kelurahan Rana Loba, rumah warga terendam banjir akibat luapan kali Wae Bobo. Selain itu, banjir juga berasal luapan air dari drainase di pusat Kota Borong.

Sebagian warga terpaksa mengungsi di rumah keluarga yang lebih aman akibat banjir. Sementara yang lain, masih tetap bertahan meski rumah mereka direndam banjir.

Rumah warga di Wae Reca yang terendam banjir (Foto: Istimewa)

Anton Dergong, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Matim saat dikonfirmasi VoxNtt.com melalui sambungan telepon, Kamis malam, mengatakan sekitar ratusan rumah warga di Kota Borong terendam banjir.

Baca Juga: Dermaga Borong Jebol

“Kita sudah cek ke lokasi, ratusan rumah terendam banjir. Mulai dari Kampung Nggeok, Wae Reca, Tambak, dan wilayah pertamina,” jelas Kadis Anton.

Dia mengimbau kepada masyarakat Kota Borong, khususnya yang ada di pinggir kali agar tetap waspada dengan banjir, mengingat beberapa hari terakhir, hujan deras terus mengguyur di Matim.

“Masyarakat harus selalu siap dan waspada. Kita pemerintah juga tidak tutup mata dengan kondisi ini,” ujarnya.

 

Penulis: Nansianus Taris
Editor: Ardy Abba