Beberapa pegawai dari Dinas Sosial Kabupaten TTU sementara menggali lubang pemakaman untuk jenazah Emanuel Beli Naikteas di TMP Cendana Loka, Minggu, 09 Desember 2018 (Foto: Eman Tabean/Vox NTT)

Kefamenanu, Vox NTT- Jenazah Emanuel Beli Naikteas, salah satu  korban penembakan di Papua asal RT 06, RW 05, Kelurahan Kefa Tengah, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cendana Loka pada Senin, 10 Desember 2018.

TMP Cendana Loka terletak di KM 9, Kelurahan Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten TTU.

“Kita memang sempat ragu kemarin karena katanya SK untuk pengangkatan saudara kami ini jadi pahlawan sementara berproses, tapi kepastian untuk mau makamkan di mana belum ada, tapi syukur tadi pagi sudah ada kepastian untuk makamkan di taman makam pahlawan,” ujar  Yoseph Naisoko, Ketua RT 006, RW 005, Kelurahan Kefa Tengah, Kecamatan Kota Kefamenanu saat diwawancarai VoxNtt.com di depan rumah duka, Minggu (09/12/2018).

“Untuk pemakaman sudah pasti esok, Senin(10/12/2018), tetapi mengenai jam belum ditentukan karena masih harus koordinasi dengan ketua lingkungan untuk misa sebelum pemakaman esok,” ujar Yoseph.

Baca Juga:

Yoseph menambahkan, untuk urusan persiapan tempat pemakaman termasuk menggali lubang dan lain-lain sudah diurus oleh Dinas Sosial Kabupaten Kabupaten TTU.

Keluarga korban hanya bertugas untuk mengurus persiapan ibadat dan prosesi adat lainnya.

“Untuk pemakaman dinas sosial sudah urus, jadi tanggung jawab keluarga hanya urus adat sebelum jenazah dikeluarkan dari rumah dan juga untuk misa besok,” tuturnya.

Terpantau, letak makam dari almarhum Emanuel dipersiapkan di bagian kiri dari pintu masuk TMP Cendana Loka.

Di lokasi TMP, tampak beberapa orang sementara sibuk menggali makam dengan diawasi langsung oleh asisten III Setda TTU Raymundus Thaal.

 

Penulis: Eman Tabean
Editor: Ardy Abba