Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Johanis Asadoma saat diterima secara adat di depan Mapolres Manggarai, Rabu (9/1/2019) (Foto: Ardy Abba/ Vox NTT)

Ruteng, Vox NTT- Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengapresiasi kinerja Kepolisian yang telah menangkap para pelaku penembakan dan perburuan rusa di Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

“Pertama kita terima kasih dengan Kepolisian karena mampu menghandel itu (menangkap pemburu rusa) dengan baik,” ujar Laiskodat saat diwawancarai para awak media di Mapolres Manggarai, Rabu (9/1/2019) sore.

Menurut dia, tindakan penangkapan yang dilakukan pihak Kepolisian merupakan salah satu contoh bahwa memang TNK harus dijaga.

Ia berharap, ekosistem dan rantai makanan binatang komodo di TNK akan dijaga dan menjadi perhatian serius untuk keberlangsungan hidup kadal raksasa yang sudah menjadi tujuh keajaiban dunia tersebut.

“Dan kenapa saya minta untuk Pemprov (NTT) yang urus, karena kita mempunyai rantai kendali, pengendaliannya lebih dekat dibandingkan dari Jakarta. Kita bisa lihat langsung masalahnya dan kita bisa cepat respon terhadap masalah-masalah yang ada,” ujar Laiskodat.

Ditemui di tempat yang sama, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Johanis Asadoma juga mengapresiasi anggota Kepolisian yang pertama kali menangkap pelaku perburuan liar terhadap rusa di TNK.

Baca Juga: Rusa Diburu Bebas, Diduga Ada Upaya Pembiaran dari Pengelola TNK

 

Penulis: Ardy Abba