Mage Wair kuliner khas Sikka (Foto: Merah Putih)
alterntif text

Maumere, Vox NTT- Menu lokal khas Kabupaten Sikka itu banyak sekali.

Tapi belum ada rumah makan khusus yang fokus pada masakan khas kabupaten Sikka.

Martinus Wodon, manajer hotel Sea World mengatakan hal itu saat diskusi bersama awak media di Aula hotel Sea World, Rabu (16/1/2019).

Menurut Martin, sebagai manajer hotel Sea World, pihaknya kadang-kadang kesulitan merekomendasikan rumah makan khusus di Kota Maumere yang fokus pada kuliner khas Kabupaten Sikka.

Para tamu yang menginap, kata dia, biasanya meminta pihak hotel untuk merekomendasikan rumah makan di Kota Maumere yang menyiapkan menu lokal.

Menu lokal itu mulai dari mage wair, lepa/tupat, padu-roun, lawar, rumpu-rampe, moke, ara-lele (nasi jagung), dan masih banyak lainnya.

Sayangnya, belum ada rumah makan yang khusus menyiapkan menu khas kabupaten yang beribukota Maumere itu.

Kedepannya Martin berjanji akan melibatkan banyak pihak untuk bekerja sama dalam menyediakan kuliner lokal khas Kabupaten Sikka.

Pantauan VoxNtt.com beberapa waktu lalu di Kota Maumere pernah ada Depot Bunda yang fokus pada kuliner lokal. Tetapi beberapa waktu terakhir ini tak dibuka lagi.

Selain itu, ada Lepo Sina di area belakang Lembaga Pemasyarakatan Maumere. Hanya saja masih belum menyediakan semua menu lokal khas Kabupaten Sikka. Paling hanya ada ara lele dan lawar saja di Lepo Sina.

Penulis: Engky Ola

alterntif text