Suasana pembersihan jalan Trans Flores yang longsor. (Foto: Ronis/Vox NTT).

Labuan Bajo, Vox NTT-Sebanyak 975 Juta Rupiah dana yang diusulkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) untuk tangani bencana alam di Manggarai Barat.

“Kami sudah mengusulkan anggaran untuk penanganan dampak bencana alam longsor dan banjir di Mabar sebesar 975 juta rupiah,” ungkap Kepala BPBD Mabar Dominikus Hawan kepada VoxNtt.com, Kamis (14/3/2019).

Dominikus menjelaskan, sumber dana penanganan darurat berasal dari APBD II. “Saya sudah ajukan ke Bapak Bupati sebesar Rp 975 juta. Bupati sudah disposisi untuk dibahas di TPAD, tadi sudah dibahas,” jelas Dominikus.

Baca: IAD Beri Bantuan untuk Korban Longsor di Manggarai Barat

Namun, Dominikus belum bisa memastikan kapan anggaran ratusan juta itu dicairkan. Semua kebutuhan selama sepekan terakhir kata dia, diambil atau belum dibayar di sejumlah tempat.

“Anggaran itu juga untuk kebutuhan berkaitan dengan penanganan bencana longsor di ruas jalan Trans Flores dan bencana banjir di Gorontalo serta beberapa tempat lainnya,” jelasnya.

Anggaran itu juga digunakan untuk BBM alat berat yang melakukan penggusuran material longsor di ruas jalan Trans Flores.

Penulis: Sello Jome

Editor: Boni J