Gaudenisus Bosko (Foto: Dokumen pribadi)
alterntif text

Labuan Bajo, Vox NTT-Gaudenisus Bosko. Pria kelahiran 1 Oktober 1992 ini, sedang menjadi buah bibir di kalangan milenial Manggarai Raya.

Dia adalah sosok yang berhasil mengangkat talenta anak-anak Manggarai di bidang vokal dan musik untuk bersaing di level lokal bahkan nasional.

Deny atau Deny Creative, demikian ia dikenal, boleh disebut sebagai salah satu musisi muda berbakat masa depan yang patut diperhitungkan.

Selain jago dalam mencipta dan mengubah ulang (cover) berbagai lagu, dia juga terampil dalam membuat video klip dari lagu-lagu tersebut.

Gaudenisus Bosko (Foto: Dokumen pribadi)

Deny sendiri memang jarang terlihat menyanyi. Dia lebih suka berperan di belakang layar. Namun, karyanya berhasil mempopulerkan vokalis muda berbakat seperti Mecil Malek, Iva Nagung, Ika Waso, Arny Umbu, Iyana, Arny, Oris Apriano, Novi Volvo, Rinny Wolos, Rino Nores, Tris Baeng, Dyon Ngangu, Chelsea Ndagung, Opok Jeharum, dan masih banyak lagi yang lain.

Berkat kemampuannya dalam bidang produksi digitial audio dan video, nama-nama vokalis muda asal Manggarai tersebut tak asing lagi bagi publik di Manggarai maupun di luar Manggarai.

Karya-karyanya kini dapat dinikmati lewat channel Youtube Deny Creative dan berbagai akun media sosial miliknya.

VoxNtt.com berkesempatan menghubungi Deny, Sabtu (16/03/2019) malam. Berikut adalah petikan wawancara singkat antara jurnalis Vox, Sello Jome dan Deny.

Vox: Apa motivasi di balik cover lagu yang dinyanyikan anak-anak Manggarai tersebut Den?

Deny: Motivasinya simple saja kak. Saya mau orang-orang di Manggarai bahkan di luar Manggarai tahu kalau banyak anak muda berbakat dari daerah ini terutama di bidang vocal dan musik.

Saya mau menunjukan bahwa kita punya anak-anak juga suaranya tidak kalah jauh dari artis-arti ibu kota. Intinya saya mau jadi medianya anak-anak Manggarai untuk kembangkan talentanya, apalagi dengan perkembangan media sosial yang masif seperti sekarang ini.

Vox: Sejak kapan hobby cover lagu dan pembuatan video dilakukan?

Deny: Kalau untuk hobby di bidang produksi digital audio saya sudah tekuni dari kelas 2 SMA. Untuk cover lagu sejak 2016 dan belajar buat video sejak 2017.

Video merupakan kebutuhan visual dalam lagu. Awalnya saya tidak bisa bikin video, tapi karena tuntutan zaman terpaksa harus belajar. Zaman sekarang orang lebih senang dengar lagu yang ada visualnya. Karena terus belajar ternyata sekarang sudah jadi passion. Saya mulai dari nol besar supaya bisa sampai seperti sekarang.

Vox: Apa saja keuntungan dari pekerjaan itu?

Deny: Keuntungannya bisa dikenal banyak orang dan dapat tambahan pemasukan. Apalagi sekarang Youtube sudah bisa diuangkan untuk konten-konten yang kita upload. Saya juga lagi tekuni bisnis jasa dokumentasi pernikahan. Dengan bikin video yang bagus dan diupload ke Youtube jadinya orang mau pakai jasa dokumentasi dari kami.

Untuk pemasukan dari pembuatan cover lagu masih belum maksimal e kak, soalnya di Manggarai masih belum hidup industri kreatifnya terutama di bidang musik. Masih jarang yang mau sewa untuk cover lagu. Mungkin untuk ke depannya sudah mulai ramai. Intinya, untuk sekarang tetap keuntungannya dari adsense saja.

Vox: Apa saja kriteria vokalis yang dipilih untuk masuk dalam proyek itu?

Deny: Untuk kriterianya tidak macam-macam…hehehehe…Yang penting punya suara bagus dan unik saja. Kalau saya rasa suaranya akan disukai banyak orang, pasti saya ajak nyanyi cover dan diupload ke Youtube.

Vox: Selain cover lagu, apakah ada lagu yang diciptakan sendiri?

Deny: Saya juga sering bikin lagu sendiri. Sudah beberapa yang saya share di Youtube, mulai dari lagu Ite Manggarai sampai yang terbaru kemarin lagu Wela Rana. Kebanyakan memang lagu daerah.

Gaudenisus Bosko (Foto: Dokumen pribadi)

Ada juga  lagu Indonesia, tapi saya lebih suka produce musik daerah saja untuk sekarang. Tujuannya untuk melestarikan lagu daerah, tetapi musiknya mengikuti perkembangan zaman dengan sedikit sentuhan instrumen etnik Manggarainya.

Vox: Apakah pekerjaan itu cukup menjanjikan dan apa harapan ke depannya?

Deny: Lumayan menjanjikan kak. Untuk cover-cover lagu, pemasukan tetapnya dari adsense Youtube. Saya juga sering dapat orderan bikin video profil badan usaha sama instansi pemerintahan. Sering bikin iklan radio juga dan beberapa kali bikin lagu-lagu jingle. Semoga kedepanya bisa lebih berkembang lagi…amin.

Vox: Sudah berapa karya yang dihasilkan?

Deny: Untuk video yang saya upload di Youtube, sudah mencapai ratusan video. Karya yang viral ada beberapa, seperti lagu Ite Manggarai, Tabe Natal, dan Wela Rana. Ada juga lagu Manggarai lagi yang dalam proses. Semoga viral juga nanti.

Vox: Mengapa lagu-lagu itu Viral Den?

Deny: Kalau mau buat karya yang viral itu intinya satu saja “Bikin karya yang orisinil” biar terkesan unik dan beda dari yang lain. Itu saja sih.

Vox: Terima kasih sudah berbagi Den. Oh ya satu lagi kalau mau pesan jasanya bagaimana?

Deny: Kalau ada yang mau pesan untuk bikin cover langsung DM di Instagram atau inbox saja.
IG : deny.creative
FB : denny bosco
Kalau yang mau pesan untuk jasa dokumentasi pernikahan, dll bisa WhatsApp di Nomor 081333444450. Terima kasih.

Penulis: Sello Jome

Editor: Irvan K