Puing-puing rumah adat di Sonaf Tamkesi yang hangus terbakar, Kamis 15 Agustus 2019. (Foto: Istimewa).

Kefamenanu,Vox NTT-Lima rumah adat di Desa Adat Tamkesi, Kecamatan Biboki Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) terbakar, Kamis (15/08/2019).

Lima rumah itu berada di pusat Kerajaan Biboki itu milik Suku Uskenat, Sonaf Unu (Milik Suku Usboko), Sonaf Neno Biboki (milik para raja), Sonaf Man Nese (milik Suku Lalian), Sonaf Tain Lasi atau yang sering disebut  Sane Sio Lopo Sio.

Selain rumah adat, kebakaran yang terjadi pukul 13.30 wita itu juga menghanguskan Lopo Tolas (Lopo pertemuan) dari Sonaf Makono.

“Ia betul ada kebakaran tadi. Ini kami sementara dengan bapak camat di lokasi Sonaf yang terbakar,” ujar Sekretaris Desa Adat Tamkesi, Yohanes Oenunu saat dikonfirmasi VoxNtt.com via telepon.

Belum bisa dipastikan penyebab kebakaran, pemerintah setempat masih mencari tahu sumber api yang menghanguskan situs budaya tersebut.

Di dalam rumah tersebut terdapat aneka benda pusaka peninggalan leluhur. Saat ini, belum belum dapat diperkirakan jumlah kerugian akibat peristiwa tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, warga sementara berusaha memadamkan api.

“Kita masih tunggu bantuan air tangki dari kecamatan, polisi juga tadi sudah kami beri tahu dan sementara dalam perjalanan,” ujarnya.

Penulis: Eman Tabean

Editor: Boni J

alterntif text