Mgr. Silvester San dan para undangan usai perayaan ekaristi pemberkatan gedung utama UNIKA St. Paulus Ruteng, Jumat (13/09/2019)

Ruteng, Vox NTT – Uskup Administor Keuskupan Ruteng Mgr. Silverster San meresmikan dan memberkati gedung utama Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) St. Paulus Ruteng, Jumat (13/09/2019).

Gedung utama yang diberkati dan diresmikan itu terletak persis pada jalur utama Jl. A. Yani Nomor 10 Ruteng, Flores, NTT.

Acara pemberkatan dan peresmian gedung utama UNIKA St. Paulus Ruteng dirangkai dalam Perayaan Ekaristi Kudus konselebrasi dengan selebran utama Mgr. Silvester San.

Perayaan Ekaristi tampak diiringi dengan lagu-lagu liturgis bernuansa inkulturatif yang dibawakan para mahasiswa UKM Paduan Suara UNIKA St Paulus Ruteng.

Dalam kotbahnya, Mgr. Silvester menekankan pentingnya orang mengembangkan talenta.

Ia menyampaikan perumpamaan tentang talenta, lalu kemudian mengajak umat yang hadir untuk merefleksikan segala potensi dalam diri masing-masing.

Ibarat seorang tuan, kata dia, mempercayakan hartanya kepada hamba-hambanya, selagi bepergian.

Tuan itu mengharapkan sepulang dari bepergiannya itu setiap hamba berhasil mengembangkan talenta.

“Demikian pula setiap kita diberi potensi diri untuk dikembangkan,” katanya.

Dalam perumpamaan tentang talenta, Mgr. Silvester menggambarkan setelah pulang, sang tuan mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya.

Ia mengevaluasi hamba-hambanya berdasarkan seberapa setia mereka mengelola dan mengembangkan talenta yang dipercayakan kepada mereka.

Sang tuan mengharapkan bahwa mereka telah berhasil mengelola masing-masing talenta, sehingga memeroleh hasil yang memuaskan.

Mgr Silvester San menggambarkan, berdasarkan hasil evaluasinya itu, sang tuan menemukan bahwa ada hamba yang berhasil melipatgandakan talentanya, tetapi ada juga yang tidak berhasil.

Sang tuan memberi penghargaan kepada hamba-hambanya berdasarkan bagaimana masing-masing mereka memikul tanggung jawab atas harta yang dipercayakan tersebut.

Ia menilai dua orang di antara mereka sebagai hamba yang setia, sehingga diberikan imbalan positif.

Akan tetapi, seorang yang lain dinilai sebagai hamba yang tidak setia karena ia takut mengembangkan pemberian tuannya itu, sehingga kepadanya diberi imbalan negatif.

“Kita harus kembangkan talenta, potensi diri, baik sebagai mahasiswa, dosen, pegawai, dan karyawan di lembaga ini. Setiap potensi yang kita miliki ikut andil untuk kemajuan bersama,” harap Mgr. Silvester.

Untuk diketahui, selain Perayaan Ekaristi peresmian gedung utama UNIKA St. Paulus Ruteng ini, juga melantik Rektor Pastor Yohanes Servatius Boy Lon dan Pejabat Struktural UNIKA St. Paulus periode 2019-2023.

Penulis: Pepy Kurniawan
Editor: Ardy Abba

alterntif text