Seorang pengunjung tampak bermain-main dengan ombak Pantai Lo’odik (Foto: Frido)
alterntif text

Betun, Vox NTT- Keindahan Pantai Lo’odik Kobalima, Malaka, tak kalah saing dibanding destinasi wisata lain di NTT.

Belakangan, spot ini menjadi tujuan favorit wisatawan baik dari dalam kabupaten, antarkabupaten maupun wisatawan nasional bahkan internasional.

Hamparan pasir kecoklatan yang membentang luas, dipadu barisan pinus yang mendandani bibir pantai, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Pantai yang terletak di Dusun Lo’ odik, Desa Litamali, Kecamatan Kobalima ini menjadi salah satu objek wisata dengan tingkat kunjungan tertinggi di Kabupaten Malaka, selain Pantai Motadikin di Bolan, Malaka Tengah.

Hamparan pasir kecoklatan yang membentang luas tanpa bebatuan itu membuat para pengunjung bebas berekreasi dan merilekskan raga.

Birunya laut selatan dengan gulungan ombak yang saling kejar, tak henti menggoda mata para pengunjung sembari merasakan sensasi angin pantai. Udara di kawasan pantai tersebut memang terasa sejuk dan segar.

Tak heran jika ratusan pengunjung pada akhir pekan betah memanfaatkan waktu bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Pesona pantai Lo’odik semakin memikat ketika tangan-tangan kreatif dari komunitas Zero Lo’odik (Zero L) mendandaninya dengan aneka fasilitas penunjang.‎ Salah satunya fasilitas untuk berfoto.

Tangan-tangan kreatif dari komunitas Zero Lo’odik (Zero L) mendandani pantai ini dengan fasilitas penunjang seperti spot untuk foto

Mulai dari lopo, perpustakaan, tempat duduk, ayunan, pagar hias hingga menyediakan peralatan panggang dan kayu bakar bagi pengunjung yang ingin bakar ikan.

Inilah pesona pantai Lo’odik yang menghipnotis. Tak kurang dari 300 pengujung datang ke sini setiap akhir pekan.‎ Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua yang letih bekerja selama semingguan.

Akses ke Lokasi Pantai

Akses jalan menuju pantai Loodik sangat baik. Dari kota Betun, ibu kota kabupaten Malaka, anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai pantai ini.

Akses jalan dari kota Betun hingga desa Litamali pun sudah hotmix.

Di sepanjang jalan menuju pantai ini, hamparan persawahan dan perkebunan jagung milik masyarakat akan menemani perjalanan Anda.

Sesampainya di desa Litamali, Anda harus berbelok ke arah kanan menyusuri jalan rabat beton.

Kurang lebih sekitar 1 Km sebelum mencapai pantai Loodik, Anda akan disuguhi barisan pohon angsono yang berderet rapi.

Barisan pohon angsono ini menjadi salah satu spot foto yang menarik untuk mengabadikan moment Anda saat mengunjungi pantai Lo’odik.

Penulis: Frido Raebesi

Editor: Irvan K