Menteri BUMN Rini M Soemarno didampingi oleh Bupati Mabar Agustinus Ch Dula saat melihat market jaringan pembangunan 900 Warung Ides di NTT, Minggu (6/10/2019) (Foto: Sello Jome/Vox NTT)
alterntif text

Labuan Bajo, Vox NTT- PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) akan menyiapkan sebanyak 900 warung Internet Desa (Ides) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ke-900 Warung Ides tersebut akan menyebar di setiap kelurahan dan desa di-9 Kabupaten yang ada di NTT.

Ke-9 kabupaten tersebut terdiri Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Ende, Sikka, Flores Timur, Sumba Barat, Sumba Timur, dan Kupang.

Setiap kabupaten akan mendapatkan 100 access point yang akan dikerjakan sejak tahun 2019 sampai tahun 2023.

“Satu access point itu bisa menampung 30 pengguna internet,” ungkap Tetty Indrawati, Corporate Secretary PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) kepada VoxNtt.com, Minggu (06/10/2019).

Untuk penempatan access point kata Tetty, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat di -9 kabupaten.

“Jadi kita bekerja sama dengan Kominfo setempat, ya Kadis Kominfo setempat ya, nanti yang menyiapkan itu adalah mereka yang akan menempatkan di desa-desa yang 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar),” ujarnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengajak seluruh masyarakat NTT agar dapat menggunakan Internet Desa sebaik-baiknya.

“Saya berharap agar seluruh masyarakat khususnya NTT dapat menggunakan Internet Desa ini sebaik-baiknya,” ungkap Rini saat kunjungan kerjanya di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu (06/10/2019).

Penulis: Sello Jome
Editor: Ardy Abba