Kades Numponi Alfons Yan Molo bersama peserta latihan pembuatan keripik ubi (Foto: Frido Raebesi/ Vox NTT)
alterntif text

Betun, Vox NTT- Yayasan Mitra Tani Mandiri (YMTM) melatih warga Desa Numponi, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka dalam mengolah singkong menjadi keripik, Kamis (16/10/2019).

Pelatihan ini bertujuan untuk menekan angka pengangguran di desa dengan memanfaatkan hasil bumi yang ada di sekitar.

Pantauan VoxNtt.com, kegiatan pelatihan ini sangat diminati oleh masyarakat Desa Numponi, terutama kaum perempuan.

Mereka dilatih mengolah umbian singkong  menjadi keripik ubi. Kemudian, hasil olahan ini dikemas dengan rapi.

Kepala Desa Numponi Alfons Yan Molo menyampaikan terima kasih kepada YMTM yang sudah melatih masyarakat desanya, terutama kaum perempuan.

Menurut dia, pelatihan semacam ini sangat bermanfaat karena akan menambah kreativitas masyarakat dalam berbisnis rumah tangga.

“Ke depan akan kita fokus untuk produksi yang banyak. Ini akan menjadi pendapatan yang bagus. BUMDes akan kemas lebih rapi lagi untuk pemasarannya,” kata Kades Alfons kepada VoxNtt.com.

Ia menambahkan, pelatihan tersebut juga merupakan bentuk implementasi dari program Bupati Malaka, yaitu mengembangkan ekonomi kreatif keluarga.

Yasinta Lon, salah satu peserta kegiatan pelatihan ini mengaku senang karena mendapat ilmu yang baru dan bermanfaat dari YMTM.

“Terima kasih pak kepala desa sudah mendatangkan LSM yang sangat bermanfaat ini. Selain kami dilatih bertani, kami juga dilatih berbisnis dengan mengolah hasil pertanian kami menjadi usaha kreatif yang bagus,” kata Yasinta.

Informasi yang dihimpun, pelatihan ini sudah berlangsung selama 4 hari, dari 16-19 Oktober 2019.

Penulis: Frido Raebesi
Editor: Ardy Abba

alterntif text