DR. Benny K Harman, SH
alterntif text

Ruteng, Vox NTT-Uskup baru keuskupan Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, Pr, diharapkan mampu memposisikan dirinya sebagai bagian dari masalah umat. Uskup harus membawa solusi bukan bagian dari masalah.

Demikian pesan yang disampaikan tokoh katolik, DR. Benny K Harman, saat dihubungi VoxNtt.com, Rabu (13/11/2019) malam.

Menurut Benny, apa yang menjadi keprihatinan umat, bangsa, dan negara, juga menjadi keprihatinan gereja saat ini.

“Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga,” tulis Benny melalui pesan WhatsApp, mengutip Gaudium et Spes yang merupakan dokumen puncak dari Konsili Vatikan II.

Anggota Komisi III DPR RI ini juga menegaskan, di tengah modernisasi dan gobalisasi yang menyuburkan sikap materialistik, konsumeristik dan formalisme agama, Gereja harus hadir memberikan cahaya bagi umatnya.

BACA JUGA: Uskup Ruteng yang Baru Diharapkan Fokus pada Pemberdayaan Umat

Agar bisa hadir membawa cahaya,  gereja Manggarai di bawah uskup yang baru, harus terlibat bersama umat sehingga nilai-nilai kekatolikan tidak pudar ditelan zaman.

Selain itu, BKH berpesan agar Uskup Sipri segera melakukan konsolidasi ke dalam agar gereja tampil kembali dengan penuh wibawa di tengah umatnya.

“Nyalakan terus lilin untuk memberi cahaya bagi umat. Selamat untuk uskup baru, gembala umat keuskupan Ruteng” pinta jebolan Seminari Pius XII Kisol ini. (VoN).