Mgr. Siprianus Hormat, Pr (Foto: Hidupkatolik.com)
alterntif text

Ruteng, Vox NTT- Mgr. Siprianus Hormat, Pr resmi diumumkan menjadi Uskup Ruteng, Rabu (13/11/2019) malam.

Sebelum diangkat menjadi Uskup, imam diosesan Keuskupan Ruteng itu menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) periode 2016-2019.

Nama RD. Sipri Hormat menjadi Uskup Ruteng secara resmi dibacakan oleh Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Ruteng RD. Alfons Segar di depan ribuan umat dan imam, serta biarawan/i yang hadir memadati Gereja Katedral Ruteng.

Pastor Alfons membacakan surat dari Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Piero Pioppo.

Surat “dalam rahasia kepausan” itu tertuju kepada Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng Mgr. Dr. Silvester San.

Berikut isi suratnya:

DALAM RAHASIA KEPAUSAN

Jakarta, 13 November 2019

N: 1390/2019

Yang Mulia

Saya hendak memastikan kepada anda melalui surat ini Bapak Suci, Paus Fransiskus, telah mengangkat Romo Siprianus Hormat
dari klerus Ruteng, sampai sekarang Sekretaris Eksekutif KWI, sebagai Uskup Ruteng yang baru. Berita yang membahagiakan dipublikasikan hari ini di Roma dan di seluruh dunia pukul 18.00 WIB atau pukul 19.00 WITA.

Sambil menyampaikan keputusan ini, saya meminta agar Anda memberitahukan hal ini kepada semua imam, biarawan-biarawati dan umat beriman dalam di Gereja Lokal Anda yang luhur, sembari meminta mereka mendoakan Uskup terpilih dan menyambutnya sepenuh hati sebagai Gembala baru.

Pada saat bersamaan, atas nama Bapa Suci, dan dari lubuk hati, saya merasa sangat terhormat untuk mengungkapkan kepada Yang Mulia rasa syukur yang paling dalam atas pelayanan Anda yang panjang dan berbuah, sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng. Kecerdasan Anda, karunia-karunia rohani Anda dan kepemimpinan Anda telah banyak membantu Gereja Katolik di Ruteng untuk menemukan damai dan rekonsiliasi, agar semua imam, biarawan-biarawati, keluarga dan juga umat beriman awam dapat terus bertumbuh dalam iman, jumlah dan kualitas. Semoga Allah memberkati Anda dengan berlimpah dan di tahun-tahun mendatang. Mohon terimalah Yang Mulia, ungkapan persaudaraan yang hangat.

Bersatu bersama dalam Kristus Sang Gembala Baik,

Ttd

Piero Pioppo

———————-
Yang Mulia

Mgr. Silvester SAN
Uskup Denpasar
Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng

Penulis: Ardy Abba