Anggota DPD RI Angelius Wake Kako sedang menyerahkan buku-buku materi sebelum gelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Foto: Frid)
alterntif text

Ende, Vox NTT-Anggota DPD RI Angelius Wake Kako menggelar Sosialisasi Empat Pilar ke mahasiswa dari berbagai organisasi kepemudaan lokal NTT di Kantor DPD Perwakilan NTT, Kupang, Jumat (22/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Angelius menekan agar mahasiswa sebagaimana biang perubahan bangsa mesti menanamkan nilai Pancasila pada diri masing-masing.

Untuk itu, karakter kebangsaan yang berlandaskan Pancasila harus melekat pada setiap kader.

Secara nasional, Angelius menyebutkan bahwa pemahaman kader bangsa terhadap nilai-nilai Pancasila terus berlahan memudar.

Misalnya, sikap seseorang dengan membeda-bedakan warna kulit, ras, agama maupun golongan.

Dengan membedakan sikap itu justru lebih mudah orang atau kelompok untuk memanfaatkan kepentingan politik hingga mencederai bangsa.

“Saya berharap agar para mahasiswa yang hadir ini memaknai nilai-nilai Pancasila sebagai karakter bangsa. Tanamkan karakter kebangsaan yang berlandaskan Pancasila dalam diri kita masing-masing,” tegas Angelius.

Pada kesempatan itu pula, Angelius mengingatkan kepada mahasiswa agar dapat menjadi sebagai pelopor di tengah-tengah masyarakat untuk menentukan perubahan bangsa yang lebih maju. Hal itu ia sebut lantaran banyak orang muda yang sudah memulai dengan gerakan kreatifitas di masyarakat.

Angelius berharap agar para kaula muda sudah seharusnya sebagai penopang untuk meningkatkan perkembangan ekonomi akar rumput. Hal itu diingatkan dengan perkembangan teknologi yang kian pesat untuk dapat dimanfaatkan.

“Banyak produk lokal, kearifan-kearifan lokal yang adalah kekayaan kita di NTT. Kita harus sebagai garda terdepan untuk merespon itu sebagai kekuatan bersama,” katanya.

Penulis: Ian Bala
Editor: Ardy Abba