Calon Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudoyono
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersalaman ke warga saat menghadiri Deklarasi dan Pengukuhan Bintang Muda Indonesia (BMI) di Mamuju. Sulawesi Barat, Jumat (31/1/2020). (Foto: Republika.co.id).
alterntif text

Kupang, Vox NTT-Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat se-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mendukung Agus Harimurti Yudoyono (AHY) untuk menjadi Ketua Umum Partai.

Dukungan itu langsung dideklarasikan 22 Ketua DPC dalam bentuk pernyataan sikap dukungan yang dibacakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat NTT, Jefri Riwu Kore di sela Rapat Konsolidasi DPD Partai Demokrat NTT yang dihadiri AHY di Hotel Aston, Kupang, Selasa (18/02/2020).

Walau dalam pertemuan tersebut Ia telah mendapatkan dukungan seluruh DPC di NTT, namun Ia tak serius menceritakan persiapan dirinya untuk menjadi Ketua Umum (Ketum) menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam kongres nanti.

“Saya begitu terkejut tadi begitu mendapat deklarasi dukungan dari 22 Kabupaten dan Kota di NTT. Tentu jika itu adalah dukungan dan doa kepada saya pribadi untuk terus berkiprah, besarkan partai ini, saya ucapkan terima kasih dan tentu kita akan lakukan kerja keras bersama semua kader termasuk yang ada di NTT,” kata dia.

Menurut dia, dalam waktu satu setengah bulan ini sudah keliling ke seluruh daerah di Indonesia untuk menyapa dan juga mempersiapkan kader-kader.

Melihat reaksi dan penerimaan semua ketua DPD di berbagai tempat, ia melihat, ada harapan seperti yang disampaikan oleh Ketua DPD Demokrat NTT.

“Tetapi yang paling penting kita berharap bagaimana kongres nanti berjalan dengan baik, tertib dan aman,” imbuhnya.

Terkait pembangunan Kota Kupang, Agus menyebut Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore mendapatkan perhatian khusus dari Ketua Umum Partai Demokrat.

Baca: Ditanya Soal Pencalonan Dirinya Jadi Presiden, Begini Kata AHY

Sekadar untuk diketahui, sebanyak  22 Ketua Cabang  Kabupaten Kota menyatakan dukungan secara resmi kepada AHY dan dukungan itu dibacakan oleh Jefry Riwu Kore, Ketua DPD Demokrat NTT di Aula Palacea I  Aston Hotel Kupang.

Terkait persiapan dirinya untuk maju dalam Pilpres 2024, AHY mengaku siap. Namun dirinya mengatakan hal itu terlalu dini untuk dibicarakan sekarang. Pasalnya, Pilpres masih jauh dan tidak ingin berandai-andai.

Walau begitu, Ia mengaku fokus mempersiapkan diri, berkeliling ke sluruh daerah di Indonesia untuk bersilahturahmi dengan seluruh kader partai sambil menyapa dan mendengarkan seluruh rakyat Indonesia.

“Soal Pilpres masih jauh yah. Saya tidak ingin berandai-andai terlalu jauh dulu, tetapi saya akan terus mempersiapkan diri. Dalam konteks ini, saya lebih fokus bagaimana mendengarkan masyarakat. Keluhan dan permasalahan mereka,” ujar AHY.

Penulis: Ronis Natom

Editor: Boni J