AHY Calon Presiden RI
Agus Harimurti Yudouono saat menerima dukungan DPD dan DPC Demokrat se-NTT di Hotel Aston, Kupang, NTT, Selasa (18/02/2020). (Foto: Ronis Natom).
alterntif text

Kupang, Vox NTT-Dalam kunjungannya ke NTT, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY  ditanyai sejumlah awak media terkait rumor dirinya dipersiapkan untuk maju Pilpres RI pada 2024.

Seorang wartawan menanyakan kesediaan dan kesiapan AHY untuk menjadi calon Presiden RI pada Pilpres 2024 dalam jumpa pers di Aston Hotel, Kota Kupang, Selasa (18/02/2020).

AHY yang baru saja menerima deklarasi dukungan 22 Ketua Pengurus Cabang Partai Demokrat se-Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menjadi Ketua Umum Demokrat dalam kongres nanti terlihat kaget dengan adanya pertanyaan itu.

Pasalnya, menurut AHY, Pilpres masih terlalu jauh untuk dibicarakan saat ini.

Putra pertama dari mantan Presiden RI ke-4, Susilo Bambang Yudhoyono itu pun mengaku belum serius berpikir ke sana (Pilpres) 2024.

“Soal Pilpres masih jauh yah. Saya tidak ingin berandai-andai terlalu jauh dulu, tetapi saya akan terus mempersiapkan diri. Dalam konteks ini, saya lebih fokus bagaimana mendengarkan masyarakat. Keluhan dan permasalahan mereka,” ujar AHY.

AHY yang mengaku masa kecilnya pernah tinggal di daratan Timor, tepatnya Timor Timur saat masih bergabung dengan NKRI berencana untuk akan datang lagi ke NTT.

Namun kata dia, kedatangannya ke NTT bukan semata untuk urusan politik melainkan untuk menikmati suasana alam di NTT.

“Saya memang masih kecil dulu tinggal di sini, di Timor Timur. Saya akan cari waktu ke depan untuk berkunjung ke sini, bukan karena sebuah politik tetapi juga untuk menikmati alam,” sambungnya membahas topik lain.

Sementara terkait dengan kunjungannya saat ini, AHY menjelaskan, sekadar bersilaturahmi dan memantau persiapan kader dan pengurus Demokrat NTT menjelang kongres.

Walau dalam pertemuan tersebut Ia telah mendapatkan dukungan seluruh DPC di NTT namun Ia tak serius menceritakan persiapan dirinya untuk menjadi Ketua Umum menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono.

“Saya begitu terkejut tadi begitu mendapat deklarasi dukungan dari 22 Kabupaten dan Kota di NTT. Tentu jika itu adalah dukungan dan doa kepada saya pribadi untuk terus berkiprah, besarkan partai ini, saya ucapkan terima kasih dan tentu kita akan lakukan kerja keras bersama  semua kader termasuk yang ada di NTT,” kata dia.

Menurut dia, dalam waktu satu setengah bulan ini sudah keliling ke seluruh daerah di Indonesia untuk menyapa dan juga mempersiapkan kader-kader. Demokrat

Melihat reaksi dan penerimaan semua ketua DPD dan DPC di berbagai tempat, ia melihat, ada harapan seperti yang disampaikan oleh Ketua DPD Demokrat NTT untuk mendukungnya menjadi Ketum Demokrat.

“Tetapi yang paling penting kita berharap bagaimana kongres nanti berjalan dengan baik, tertib dan aman,” imbuhnya.

Terkait pembangunan Kota Kupang, Agus menyebut Wali Kota Kupang, Jefry Riwu Kore mendapatkan perhatian khusus dari Ketua Umum Partai Demokrat.

Sekadar untuk diketahui, sebanyak 22 Ketua Cabang Kabupaten Kota menyatakan dukungan secara resmi kepada AHY dan dukungan itu dibacakan oleh Jefry Riwu Kore, Ketua DPD Demokrat NTT di Aula Palacea I  Aston Hotel Kupang.

Penulis: Ronis Natom

Editor: Boni J