Penyerahan bantuan CSR dan bank sampah kepada Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Sabtu (07/03/2020) (Foto: Sello Jome/Vox NTT)
alterntif text

Labuan Bajo, Vox NTT- PT Pegadaian (Persero) menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dan bank sampah kepada Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Sabtu (07/03/2020).

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Desa Batu Cermin dan dihadiri oleh Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

Direktur SDM PT Pegadaian (Persero) Edi Isdwiarto menegaskan, pihaknya berkomitmen turut membantu pemerintah daerah dalam mengurangi polusi sampah, khususnya di lima destinasi super prioritas. Salah satunya adalah Labuan Bajo.

“Penyerahan dan peresmian bank sampah The Gade Clean and Gold bertajuk “Memilah Sampah Menabung Emas” guna menanggulangi problem sampah di daerah destinasi wisata premium ini dan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Batu Cermin,” ungkapnya kepada VoxNtt.com, Sabtu (07/03/2020).

Selain itu, bantuan CSR dari PT Pegadaian kepada Desa Batu Cermin kata Edi, berupa satu unit bangunan The Gade Clean and Gold, dua unit sepeda motor roda 3, satu unit perangkat komputer, satu lemari filling kabinet, meja dan kursi, satu unit pencacah sampah dan 40 buat tong sampah.

“Program pembangunan bank sampah ini telah berlangsung sejak dua tahun lalu. Sudah ada 69 unit di seluruh Indonesia termasuk di lima daerah destinasi prioritas pariwisata yang tujuannya selain untuk pengolahan sampah juga untuk menanamkan semangat investasi,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula menyampaikan terima kasih kepada PT Pengadaian yang telah berkontribusi untuk memerangi sampah di Labuan Bajo.

Hingga kini kata Dula, sampah menjadi masalah tersendiri bagi kemajuan pariwisata di wilayahnya.

Dia berharap dengan bantuan bank sampah dari PT Pegadaian bisa mengurangi masalah tersebut.

Selain itu, Dula berharap dengan bantuan bank sampah dan fasilitas pendukung lainnya bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi sampah dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat di Desa Batu Cermin.

“Kepada Bumdes diharapkan untuk tangkap semua peluang dan maanfatkan, serta kelola dengan baik,” tutupnya.

Penulis: Sello Jome
Editor: Ardy Abba