Penyaluran Sembako dari IKMJ untuk warga Diaspora Malaka yang berada di Karawang, Jawa Barat, Kamis (21/05/2020) (Foto: Fernandez Abon)
alterntif text

Betun, Vox NTT- Ikatan Keluarga Malaka Jakarta (IKMJ) menyalurkan bantuan Sembako untuk warga Malaka yang di-PHK dan para mahasiswa di Kota Karawang, Jawa Barat, Kamis (21/05/2020) lalu.

Ketua IKMJ Edmundus Klau mengatakan, bantuan Sembako diperoleh dari kemurahan hati para senior IKMJ komunitas itu. Sembako tersebut berupa beras, telur, mie instan dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada para senior asal Malaka di Jabodetabek yang tak henti-hentinya memberikan bantuan,” kata Edmundus saat dihubungi VoxNtt.com melalui telepon, Jumat (22/05/2020) malam.

“Ini menyadarkan kami bahwa rasa persaudaraan itu lebih penting dari segalanya, ketika kita sebagai sesama warga asal Malaka yang merantau di daerah orang lain bisa saling membantu dalam kesusahan,” sambung dia.

Regional manajer di sebuah perusahaan swasta di Jakarta itu pun mengutip ayat Kitab Suci. “Ketika salah satu bagian dari tubuh merasakan sakit, semuanya akan merasakan sakit”

Kata Edmundus, hal inilah yang tengah dilakukan oleh para senior IKMJ, di mana tanpa kepentingan apapun mereka dengan ikhlas mau membantu sesama saudara yang sangat membutuhkan.

Edmundus juga mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus IKMJ yang telah dengan rela meluangkan waktu dan tenaganya untuk kelancaran pendistrisbusian sumbangan ini.

Senada dengan Edmundus, Wakil Ketua IKMJ Fernandez Abon mengatakan, pendistribusian Sembako ini adalah murni aksi solidaritas tanpa embel-embel politik.

“Kami sebagai pengurus IKMJ masih terus membuka pintu untuk siapapun yang berniat baik untuk memberikan sumbangan,” pinta Fernandez.

Bantuan dari IKMJ itu direspon positif oleh warga Diaspora Malaka di Karawang.

Marsel Nahak, sesepuh Malaka di Karawang mengatakan, bantuan seperti ini sangat dibutuhkan oleh warga asal Malaka di kota itu. Pasalnya, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Covid-19 oleh pemerintah diperpanjang sampai Juni 2020.

“Itu berarti kasian sekali para saudara yang dirumahkan oleh perusahaannya, apalagi yang sudah di-PHK. Mahasiswa di sini pun hidupnya sangat sederhana jadi pasti bantuan ini sangat berguna untuk mereka,” tandas Marsel.

Sebagai informasi, saat memberikan sumbangan, Ketua IKMJ Edmundus Klau, didampingi Wakil Ketua Fernandez Abon, Bendahara Gusty Sebastian Hane, Korwil Jakarta Utara Barry Nahak, Korwil Tangerang Banten Minggus Nahak, Korwil Jakarta Barat Yos Lau, Minggus Latoban sebagai Korwil Depok Bogor Cibubur dan anggota Marinir Yopas Seran Sonba

Penulis: Frido Umrisu Raebesi
Editor: Ardy Abba