Kepala DPMD Matim, Yosef Durahi (Foto: Sandy Hayon/Vox NTT)
alterntif text

alterntif text

Borong, Vox NTT-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Manggarai Timur (Matim) Yosef Durahi meminta para penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk tidak berfoya-foya.

“Saya berharap bantuan berupa BLT DD bagi masyarakat yang kurang mampu untuk seluruh Manggarai Timur dapat digunakan untuk kepentingan keluarga dengan sebaik-baiknya,” ujar Kadis Yosef saat dihubungi VoxNtt.com melalui pesan WhatsApp, Sabtu (23/05/2020) sore.

Saat ini, kata dia, pemerintah benar-benar memperhatikan dan mencintai masyarakat, sehingga menggelontorkan anggaran puluhan miliar rupiah yang bersumber dari anggaran dana desa.

“Manfaatkan uang itu sesuai kebutuhan. Terima kasih untuk semua desa yang sudah melakukan pembagian BLT DD,” pinta mantan Camat Elar itu.

Sudah Dibagikan

Sejumlah Kepala Desa yang dihubungi VoxNtt.com mengaku sudah melakukan pembagian BLT DD.

Kepala Desa Mbengan Yohanes Tobi mengatakan proses pembagian BLT DD di desanya sudah dilaksanakan Kamis (21/5).

Dikatakannya dari jumlah sasaran penerima manfaat sebanyak 262 Kepala Keluarga (KK), yang sudah disalurkan sebnyak 237 KK.

“Hingga hari ini lebih dari 10 orang belum dibagi karena para penerima bantauan lagi di kebun,” ungkapnya.

Kades Jobis juga mengatakan dari ratusan KK itu lebih dari 100 KK adalah para lansia.

Sementara itu di Desa Rana Mbata Kecamatan Kota Komba, total penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari DD sebanyak 203 Kepala Keluarga.

Jumlah penerima tersebut termasuk desa persiapan Beka Lando.

Sementara di Desa Golo Tolang dan desa persiapan Golo Lidi pembagian BLT DD sudah diberikan kepada 231 kepala Keluarga.

Di wilayah selatan Kecamatan Kota Komba, seperti Desa Komba, juga telah melakukan pembagian BLT DD kepada 239 Kepala Keluarga.

Sedangkan di Desa Lembur total penerima BLT DD mencapi 327 KK.

Kades Lembur Yohanes Baos menjelaskan penyaluran bantuan itu sudah melalui tahapan dan mekanisme sesuai kesepakatan dan aturan yang berlaku.

“Kita sudah bagikan semuanya terimaksi kepada dinas dan masyarakat desa Lembur untuk partisipasinya. Manfaatkan bantuan yang ada sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

Penulis: Sandy Hayon
Editor: Ardy Abba