RSUD Pratama Komodo. (Foto: Ist).
alterntif text

Labuan Bajo, Vox NTT- Empat pasien positif Covid-19 di Manggarai Barat (Mabar) dinyatakan sembuh.

Keempatnya sembuh setelah mendapat hasil pemeriksaan Swab kedua dari Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang yang menerangkan negatif Covid-19.

Keempatnya antara lain, pasien 01 SS (71) laki-laki, berdomisili di Desa Wae Wako, Kecamatan Lembor. Jenis spesimen NP/OP-2 dan disimpulkan negatif Covid-19.

Pasien 02 MS (52) laki-laki, berdomisili di Desa Siru, Kecamatan Lembor. Jenis spesimen NP/OP-2 dan disimpulkan negatif Covid-19.

Pasien 03 S (48) laki-laki, Klaster Gowa dan berdomisili di Malawatar, Kelurahan Tangge – Kecamatan Lembor. Jenis spesimen NP/OP-2 dan disimpulkan negatif Covid-19.

Pasien 06 AM (80) laki-laki, Klaster Gowa dan berdomisili di Benteng Dewa – Kecamatan Lembor Selatan. Jenis spesimen NP/OP-2 dan disimpulkan negatif Covid-19.

Wakil Ketua Tim Media Center Covid-19 Mabar Florianus Ryan Gampar menjelaskan, dengan terkonfirmasinya hasil negatif Covid-19 melalui tes Swab, keempat pasien tersebut telah dipindahkan dari RSUD Komodo ke tempat yang telah disiapkan Pemda Mabar ).

“Sebelumnya dirawat intensif di ruang isolasi RSUD Komodo Labuan Bajo dipindahkan ke tempat lain yang sudah disediakan Pemkab Mabar pada Jumat malam, 22 Mei 2020,” ungkap Ryan melalui rilis yang diterima VoxNtt.com, Sabtu (23/05/2020).

Pemindahan keempat pasien tersebut kata Ryan, dilakukan sesuai Protap yang berlaku.

Ryan menjelaskan keempat pasien wajib melakukan 1 kali lagi tes Swab untuk memastikan hasil negatif agar dapat dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

Dengan demikian, keempat pasien yang saat ini terkonfirmasi negatif Covid-19 tersebut tetap dalam pemantauan Tim Medis dan Tim Surveillance Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, sampai akhirnya dilakukan tes Swab terakhir (ketiga).

“Dan jika keempat pasien tersebut kembali terkonfirmasi negatif Covid-19 untuk yang kedua kalinya, maka keempatnya dapat dipulangkan ke rumahnya masing-masing,” tutup Ryan.

Penulis: Sello Jome
Editor: Ardy Abba