Sejumlah anggota Foreder Manggarai saat melakukan aksi bersih-bersih di Pasar Puni Ruteng, Senin, 1 Juni 2020 (Foto: Dok. Foreder Manggarai)
alterntif text

Ruteng, Vox NTT- Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni kerap dilaksanakan oleh warga Indonesia.

Ada banyak cara untuk merayakan hari lahir dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu.

Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Front Relawan Deno-Madur (Foreder) Manggarai, NTT memilih merayakannya dengan cara bersih-bersih.

Para relawan pasangan bakal calon Bupati Manggarai dan Wakil Bupati Manggarai, Deno Kamelus-Victor Madur itu menggelar bersih-bersih di Pasar Puni, Kecamatan Langke Rembong, Manggarai, Senin (01/06/2020) siang.

Terpantau, aksi bersih-bersih itu diikuti oleh puluhan anggota Foreder Manggarai. Mereka memungut sampah plastik di sekitar area pasar itu.

Ketua Foreder Manggarai Andro Nami menjelaskan, Hari Lahir Pancasila adalah
momentum bersejarah di Indonesia.

Sebab itu wajib dirayakan setiap tahun meski dengan cara yang berbeda-beda. Ini sebagai bagian dari kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan Pancasila.

Foreder Manggarai, kata Andro, memilih merayakan Hari Lahir Pancasila dengan kegiatan edukasi kebersihan kepada masyarakat di Kota Ruteng khususnya, dan di Manggarai umumnya.

“Ini adalah aksi kecil yang bisa kami lakukan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang diperingati hari ini tanggal 1 Juni,” katanya.

Dalam momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Foreder Manggarai juga mengajak semua elemen agar berperan aktif dalam mengambil tindakan positif sekecil apapun.

Tindakan positif yang dimaksudkan bermuara pada sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Semua masyarakat mesti mengambil peran positif walaupun dimulai dari hal kecil seperti yang kami lakukan hari ini,” ajak Andro. (VoN)