Juru Bicara Komando Tugas Pencegahan dan Penanganan Virus Corona Kabupaten Manggarai, Lodovikus Moa (tengah) saat konferensi di ruangan media center, Selasa (24/03/2020)
alterntif text

Ruteng, Vox NTT- Satu lagi pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 meninggal di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, Kabupaten Manggarai, Kamis (18/06/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Ludovikus D. Moa mengungkapkan, PDP tersebut seorang perempuan berinisial NYL (19).

NYL berasal dari Kelurahan Satartacik, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Menurut Ludovikus, jenazah NYL telah dikuburkan sesuai dengan protokol Covid-19.

Sebelum meninggal, kata dia, NYL masuk di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng pada Rabu, 17 Juni 2020, dengan manifestasi klinis menyerupai tanda dan gejala Covid-19.

Sesuai protokol kesehatan status NYL langsung ditetapkan sebagai PDP dan mendapatkan perawatan secara intensif oleh tim medis di Ruang Perawatan Isolasi RSUD dr. Ben Mboi Ruteng.

“PDP Nyonya NYL merupakan salah satu pekerja salon di Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat,” terang Ludovikus dalam rilis yang diterima VoxNtt.com, Jumat (20/06/2020).

Ia menambahkan, NYL berdomisili dan bekerja selama dua bulan di Labuan Bajo. Dia baru tiba di Ruteng 3 (tiga) hari yang lalu.

Sebelum memutuskan kembali ke Ruteng, selama berada di Labuan Bajo NYL sempat mengalami gejala demam. Dia pernah berobat di salah satu puskesmas di Labuan Bajo.

“Nyonya NYL pulang ke Ruteng dalam kondisi/keadaan sakit, di rumah demamnya berlanjut disertai sesak napas, karena demam dan sesak napas bertambah berat, keluarga memutuskan untuk membawa Nyonya NYL untuk berobat dan dirawat di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng,” jelas Ludovikus.

Menyusul penetapan status PDP terhadap NYL oleh pihak RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, pihak Ludovikus kemudian melakukan kontak tracing dan rapid test terhadap semua orang dalam rumah.

Rapid test juga telah dilakukan terhadap PDP NYL dan menunjukkan hasil negatif.

Untuk memastikan apakah PDP NYL yang telah meninggal dunia tersebut positif Covid-19 atau tidak, lanjut Ludovikus, Swab-nya telah diambil dan akan segera dikirim ke laboratorium untuk diperiksa.

Ia menambahkan, sampai pukul 18.00 Wita, Kamis, 18 Juni 2020, potret monitor harian Covid-19 Kabupaten Manggarai menunjukkan, pelaku perjalanan yang sudah diperiksa sebanyak 4101. Semuanya telah selesai menjalankan masa isolasi.

Kemudian orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 85 orang. Rinciannya, dalam pemantauan 1 dan selesai pemantauan 84 orang.

Selanjutnya, PDP 0, PDP yang sembuh 2 orang, PDP yang meninggal dunia 2 orang, lalu OTG 0 dan positif Covid-19 0.

Penulis: Ardy Abba