Kepala Badan Keuangan Daerah Manggarai Timur Abdula. (Foto: Sandy Hayon/ Vox NTT)
alterntif text

Borong, Vox NTT-Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Matim) sudah menggelontorkan anggaran penanganan corona virus disease atau Covid-19 senilai Rp 41.919.150.146.

Kepala Badan Keuangan Daerah Manggarai Timur Abdula mengatakan hingga Kamis, 9 Juli 2020 total realisasi belanja covid kabupaten itu sebesar Rp 4.323.391.850.

Ia menerangkan dari total serapan dana itu senilai Rp. 3.843.391.850 bersumber dari belanja bidang kesehatan.

“Itu untuk belanja barang jasa berkait Covid termasuk insentif bagi tenaga medis dan tenaga lainnya,” ujar Abdula saat dihubungi VoxNtt.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (09/07/2020).

Sedangkan belanja bantuan sosial (Bansos) sebeasar Rp 480.000.000 dan sudah diberikan kepada 480 mahasiswa asal kabupaten itu.

“Mahasiswa lainnya dalam proses pengumpulan kelengkapan data dan proses transfer ke bank pemilik rekening. Satu orang Rp 1.000.000,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Manggarai Timur Vinsensius Reamur berharap dana bantuan covid untuk mahasiswa segera disalurkan secepatnya.

“Untuk mahasiswa juga segera melengkapi administrasi yang diminta dari dinas sosial. Caranya komunikasikan dengan kepala desa tempat asal mahasiswa,” tegasnya saat diwawancarai VoxNtt.com.

Anggota DPRD Daerah Pemiliihan Kota Komba itu menjelaskan pemda sudah menyiapkan dana bantuan sosial. Mungkin saja kata dia sedang dalam proses transfer ke setiap reekening mahasiswa.

Politisi Golkar itu juga meminta kepada mahasiswa untuk bersabar sambil menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah.

“Adek-adek mahasiswa mohon bersabar. Karena proses transefer itu harus memenuhi persyaratan-persyaratan. Kalau itu dilakukan pasti pemda akan transefer uangnnya,” katanya.

Penulis: Sandy Hayon
Editor: Ardy Abba