Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat (Mabar), Paulus Mami (Foto: Sello Jome/Vox NTT)
alterntif text

Labuan Bajo, Vox NTT-Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat (Mabar), Paulus Mami mengumumkan tambahan satu warga Mabar yang dinyatakan positif Covid-19.

Pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19, usai mendapatkan hasil pemeriksaan Laboratorium Tes Cepat Molekuler (TCM) RSUD Komodo, Labuan Bajo Rabu (11/07/2020).

“Satu orang dinyatakan Positif Covid-19 berinisial YP (29) merupakan pelaku perjalanan dari Makassar. Pasien sendiri berdomisili di Datak, Desa Golo Ronggot, Kecamatan Welak,” ungkap Paulus kepada VoxNtt.com

Paulus menjelaskan sebelumnya, sesuai SOP Covid-19 yang berlaku untuk para pelaku perjalanan, maka Tim Surveillance Dinas Kesehatan Mabar melakukan koordinasi dengan Tim Surveillance di Puskesmas Datak, untuk melakukan tracing pada pasien tersebut. Selanjutnya dilakukan Rapid Test kedua pada tanggal 10 Juli 2020 dan diperoleh hasil reaktif.

“Berdasar hasil pemeriksaan tersebut, maka kami meminta pasien untuk melaksanakan isolasi dan karantina,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, Tim Surveilance dan Tim Medis akan melakukan pengambilan SWAB kepada orang-orang yang sudah melakukan kontak dengan pasien YP.

“Pengambilan sampel SWAB dijadwalkan hingga satu minggu ke depan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, data yang dihimpun VoxNtt.com, hingga kini sudah ada 18 orang yang terkonfirmasi Covid-19 di Manggarai Barat.

Ke-9 di antaranya telah sembuh dan telah dipulangkan. Hingga kini masih ada 9 orang pasien Covid-19 yang dipantau oleh tim medis Manggarai Barat.

Penulis: Sello Jome

Editor: Irvan K