Kodim 1625 Ngada menyerahkan seekor sapi sebagai hewan kurban kepada PHBI Nagekeo (Foto: Alex)
alterntif text

Mbay, Vox NTT- Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Makodim 1625 Ngada dan Kepolisian Negara Republik Indonesia Resort Nagekeo turut menyumbagkan hewan kurban saat umat islam merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020.

Kodim 1625 Ngada menyumbangkan seekor sapi sebagai hewan kurban. Sedangkan Polres Nagekeo hanya menyumbangkan 2 ekor kambing.

Baca Juga: Umat Nasrani Nagekeo Kebagian Berkah Idul Adha 1441 Hijriah

Meski Polres Nagekeo unggul dari segi jumlah, namun TNI tetap unggul dari segi nilai.

“Tetapi, baik jumlah maupun nilai bukanlah hal yang utama dalam bersedekah. Yang terpenting adalah ketulusan dan keikhlasan dalam memberi,” kata Asraf, muslimin Nagekeo, Jumat (31/07/2020).

Baca Juga: Hewan Kurban di Nagekeo Jalani Pemeriksaan Antemortem dan Postmortem

Ketua Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Nagekeo, Asykari Samsudin, mengungkapkan TNI dari Makodim 1625 Ngada dan Polres Nagekeo menyumbang hewan kurban kepada umat muslim di wilayah itu.

Baca Juga: Idul Adha di Nagekeo, Parpol Tidak Bersedekah

Kedua lembaga itu masuk dalam kategori sebagai donatur mewakili instansi pemerintahan bersama Pemda Nagekeo dan Pemprov NTT yang telah menyumbang 8 ekor sapi dan 2 ekor kambing dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun 2020.

Rinciannya, dari Pemda Nagekeo menyumbang 5 ekor sapi, Pemprov NTT 2 ekor sapi, Kodim 1625 Ngada 1 ekor sapi dan yang paling sedikit adalah Polres Nagekeo menyumbang 2 ekor kambing.

Menurut Asykari, meski perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, namun tetap di dirasakan lebih baik dan ramai dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Mungkin, karena banyak umat islam yang tak diizinkan mudik, terasa jadi lebih ramai,” katanya.

Penulis: Patrick Romeo Djawa
Editor: Ardy Abba