Wakil ketua MPR RI, Jazilul Fawaid saat menyerahkan sapi kurban untuk umat muslim di Ruteng, Manggarai NTT, Jumat (31/07/2020). (Foto: Pepy Kurniawan/ Vox NTT)
alterntif text

Ruteng, Vox NTT – Wakil ketua MPR RI, Jazilul Fawaid menyumbang satu ekor sapi kurban untuk umat muslim di Ruteng, Manggarai, NTT, Jumat (31/07/2020).

Bantuan tersebut diberikan dalam rangka perayaan Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020.

Ia tiba di Ruteng pukul 13.00 Wita dan didampingi Anggota DPR RI Fraksi PKB, Dipo Nusantara Pua Upa, Ketua DPW Partai PKB NTT Yucundus Lepa.

Baca Juga: Bupati Nagekeo Sebut Pua Upa “Pecah Telur”

Saat tiba, ia langsung diarahkan ke dalam Masjid Baiturahman Ruteng untuk salat bersama beberapa umat muslim yang sempat hadir.

Sapi kurban itu diberikan langsung oleh Jazilul dan diterima oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Manggarai Haji Amir Faisal Kelilauw, bertempat di Masjid Baiturahman, Ruteng.

Dalam sambutannya, Ketua MUI Manggarai Haji Amir Faisal Kelilauw mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

Sebab hewan kurban menurut dia, tidak bisa terlepas dari perayaan Idul Adha umat muslim.

Ia juga berharap agar DPR RI maupun Pemerintah Pusat untuk selalu memperhatikan umat muslim di Manggarai.

“Ucapan terima kasih, karena hewan kurban adalah bagian yang tidak terlepas dari upacara Idul Adha. Sekecil apapun kami di sini tapi berharap tetap menjadi bagian dalam hati bapak di Jakarta,” ujarnya.

Sementara, Jazilul mengaku bersukur karena berkesempatan untuk merayakan Idul Adha di Flores yakni Kabupaten Ende, Ngada dan Manggarai.

Tak lupa ia mengucapkan selamat merayakan Idul Adha untuk seluruh umat muslim yang berada di Kabupaten Manggarai.

Baca Juga: PKB dan GP-Ansor Dominasi Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Nagekeo

“Saya sangat bersyukur dan penghargaan yang tinggi, tahun ini saya merayakan idul adha di Flores. Selamat Idul Adha kepada saudara kami di Ruteng,” ungkapnya di hadapan umat muslim di Masjid Baiturahman.

Di hadapan umat, Jazilul juga menyampaikan pesan Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020.

“Pesan Idul Adha adalah memperkuat iman kita, dan berkorban. Semoga amal kita semua menjadi berkat,” katanya.

Ia menambahkan, hingga kini pandemi Covid-19 belum selesai. Sehingga ia mengimbau untuk tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Selain dampak kesehatan, Covid-19 kata dia sangat berdampak pada stabilitas ekonomi.

“Apalagi kita sedang menghadapi azab dari covid ini. Sudah empat negara yang resesi ekonomi dan kemungkinan Indonesia juga termasuk,” katanya.

Namun ia optimistis masyarakat di Manggarai tidak terlalu berdampak karena tanahnya cukup subur. Sehingga kebutuhan makanan masih bisa dipenuhi.

“Saya melihat hijaunya Manggarai ini, alam Manggarai hijau artinya kita hidup di daerah yang makmur semua tanaman tumbuh,” katanya.

Di hadapan umat juga ia menjanjikan untuk membantu pembangunan Masjid Baiturahman Ruteng yang sementara direnovasi.

“Kami nanti bersama-sama menawarkan kepada saudara mulim yang lain di Jakarta untuk bantu pembangunan masjid ini,” tutupnya.

Penulis: Pepy Kurniawan
Editor: Ardy Abba