Apel gelar pasukan Operasi Lilin Turangga 2018, di Lapangan Mapolda NTT, Jumat 21 Desember 2018 (Foto: Dok. Humas Polda NTT)

Kupang, Vox NTT- Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda) NTT menggelar apel pasukan operasi lilin Turangga 2018 di Lapangan Mapolda NTT, Jumat (21/12/2018), sekitar pukul 08: 00 Wita.

Apel pasukan operasi lilin 2018 itu dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Raja Erizman selaku inspektur upacara.

Dalam kesempatan itu, Kapolda NTT Irjen Pol. Raja Erizman mengatakan, situasi menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, karena diiringi pula dengan penetapan libur nasional.

Realitas ini memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat.

Itu seperti terjadinya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas transportasi, serta peningkatan demand terhadap kebutuhan pokok, khususnya bahan pangan.

Menurut Erizman, ondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian bersama.

Dalam operasi itu nanti, Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakeholder terkait lainnya, terpusat dengan sandi “Lilin 2018”, akan melibatkan 167.783 personel pengamanan.

Operasi kepolisian terpusat ini akan dilaksanakan selama 10 hari sejak 23 Desember 2018 sampai 1Januari 2019 mendatang.

Polri, kata dia, telah menginventarisasi beberapa potensi kerawanan.

Potensi-potensi itu di antaranya kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, potensi aksi terorisme, sweeping Ormas dan aksi intoleransi, kecelakaan moda transportasi baik darat, laut, maupun udara, ketersediaan dan stabilitas harga pangan, serta kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Kapolda NTT Irjen Pol. Raja Erizman pada kesempatan itu juga, mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Polri, jajaran TNI, pemerintah daerah, serta para pemangku kepentingan lainnya, yang selama ini telah bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif.

“Saya berharap, kerjasama dan sinergisitas yang sudah terjalin dengan baik ini, dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan,” kata Kapolda Erizman.

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan apel pasukan itu itu yakni, Seluruh Pejabat Utama Polda NTT, para Pamen, Pama, Brigadir, Tantama dan PNS Polda NTT, serta unsur Pimpinan Daerah, TNI dan instansi terkait.

Apel juga menampilan seluruh kendaraan oprasional Polri guna pengecekan kesiapan jelang pelaksanaan operasi.

Penulis: Tarsi Salmon
Editor: Ardy Abba