Ketua DPD I Golkar NTT, Melki Laka Lena saat berbincang dengan masyarakat. (Foto: Dok. Pribadi).

Kupang,Vox NTT –Terkait  Surat Keputusan (SK) pemberhentian Gidion Mbilijora dari jabatan Ketua DPD II Partai Golkar (PG) Kabupaten Sumba Timur oleh DPD I Golkar NTT yang mendapat reaksi keras dari massa pendukung Gideon di Waingapu, Sumba Timur, Ketua Dewan Pimpinan Daerah I Golkar Nusa Tenggara Timur (NTT), Melkiades Laka Lena buka suara.

Kepada VoxNtt.com, Kamis 10 Januari 2019, Melki Laka Lena mengungkapkan, Gideon adalah sosok senior Golkar dan diyakini dewasa dan matang melalui semua proses dalam mekanisme dan aturan main organisasi.

“Saya sudah maafkan. Sehingga semua kembali ke mekanisme dan aturan main yang berlaku. Tidak boleh emosional dan harus kepala dingin merespon dinamika semacam ini,” jelas Melki.

Dia (Melki Laka Lena) menjelaskan, berbagai jalur di DPD PG NTT dan para senior terus berkomunikasi ke Gideon, Palulu dan berbagai pihak untuk mendorong proses organisasi berjalan normal dan tidak perlu menanggapinya secara emosional.

Baca: Plt. Ketua Golkar Sumba Timur Tetap Koordinasi dengan Gideon Mbilijora

Terkait pembakaran stiker dan spanduk dirinya yang saat ini viral di sosial media, Melki dengan rendah hati, memaafkan para  pelaku.

“Walau banyak orang dorong saya bawa ke proses hukum dan proses organisasi. Proses Plt (pelaksana tugas) tetap jalan seperti biasa dan respon ke mahkamah partai tetap tidak halangi proses Plt Ketua DPD II di Sumba Timur,” ungkap Melki.

Dirinya pun menegaskan, SK sudah di tangan Pelaksana tugas Ketua DPD II Golkar Sumba Timur, bahkan berjanji akan segera ke Sumba Timur bersama beberapa senior merapikan Golkar Sumba Timur.

Seperti diberitakan sebelumnya oleh media ini, tak hanya Gideon, Laka Lena juga telah memberhentikan Sekretaris DPD II Sumba Timur, Robert Riwu dari jabatannya.

Laka Lena kemudian mengangkat Plt. Ketua DPD II Golkar Sumba Timur, Liby Sinlaeloe dan Sekretarisnya Frouke Rebo-Bubu.

Meski Gideon Mbilijora dan Robert Riwu telah dicopot, Liby tetap akan melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan keduanya, serta seluruh perangkat partai Golkar Sumba Timur.

Surat resmi dari Plt. Ketua dan Sekretaris untuk memulai konsolidasi PG di Sumba Timur sudah dilayangkan kepada semua keluarga besar partai beringin. 

Penulis: Ronis Natom

Editor: Boni J