Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do saat memantau pemasangan profil tank berisi air minum oleh BLUD SPAM Nagekeo yang terletak di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Foto: Arkadius Togo/Vox NTT)

Mbay, Vox NTT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagekeo menyediakan air minum gratis di tempat-tempat umum, seperti pasar dan kantor pemerintahan yang selalu dikunjungi masyarakat.

Hal ini sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik dan menekan sampah plastik.

Disaksikan Voxntt.com, Rabu (9/1/2019), Badan Layanan Umum Daerah Sistem Penyedia Air Minum (BLUD SPAM) Nagekeo sudah memasang dua buah profil tank berisi air minum di Pasar Danga dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Dua buah profil tersebut dihibahkan panitia pesta rakyat gerakan kebangkitan produk lokal kepada Pemkab Nagekeo.

Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan salah satu kantor yang paling banyak dikunjungi masyarakat. Sebab itu disediakan profil tank air minum.

Tempat umum seperti pasar juga disiapkan air minum gratis. Hal itu agar semua pedagang dan pengunjung pasar tidak lagi menggunakan gelas dan botol plastik.

Wadah yang digunakan untuk minum adalah gelas yang terbuat dari bambu. Sehingga masyarakat tidak lagi membawa bekal air minum yang terisi dalam botol atau gelas plastik.

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do menyampaikan ucapan terima kasih kepada BLUD SPAM yang dengan tulus mendukung tekad pemerintah. BLUD SPAM Nagekeo, kata dia, bekerja cepat meningkatkan pelayanan publik.

“Kini Nageko menjadi satu satunya kabupaten di NTT yang menyedikan air minum bagi para pedagang kecil dan pengunjung pasar, serta tempat layanan publik lainnya,” ujar Dokter Don.

Kebijakan ini, kata dia, juga sekaligus menekan banyaknya sampah plastik yang bertebaran di sekitar pasar dan tempat umum lainnya.

Hermanus Jea, salah satu pedagang  di Pasar Danga kepada VoxNtt.com, mengatakan air minum gratis ini akan sangat membantu mereka.

“Ketika kami haus, maka langsung menuju tempat penyediaan air minum tersebut,” kata Hermanus.

“Terima kasih Pemerintah Daerah Nagekeo yang telah membantu kami menyediakan air minum untuk kami dan semua pengunjung pasar,” sambungnya.

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Ardy Abba