Dosen dan Alumni Prodi Bahasa Inggris Undana saat perayaan Natal dan Tahun Baru Bersama. (Foto: Ronis/Vox NTT).

Kupang, Vox NTT- Rabu (090/4/2019) sekitar pukul  15.00 Wita, Aula BAAK lama, bangunan tua bercorak sederhana dan bersejarah dalam perjalanan mahasiswa Universitas Nusa Cendana itu terlihat ramai. Gerbang terbuka lebar. Beberapa gerombolan orang melangkah masuk.

Di depan pintu masuk, tampak sekelompok mahasiswa mengenakan jas hitam, sedangkan beberapa mahasiswi mengenakan gaun bercorak merah.  Mereka tak henti melemparkan senyum ramah kepada setiap orang yang masuk.

Seperti biasa, dalam setiap upacara, orang-orang yang hadir lebih dahulu melakukan registrasi pada buku tamu yang tersedia.

Melewati pintu masuk, indah dihiasi pernak-pernik sedemikan rupa laiknya suasana natal. Di dalam aula, di depan panggung terlihat satu pohon natal, alat-alat musik dan satu baliho besar bertuliskan “Christmas Celebration”.

Sebagaimana dalam tradisi Kristen,  acara Natal dan Tahun Baru bersama itu dimulai dengan ibadat kebaktian yang dimulai tepat pukul 16.00 Wita.

Selain mensyukuri Natal dan Tahun Baru bersama, kegiatan ini juga sekaligus reuni alumni Prodi Bahasa Inggris dari angkatan tahun 1972 sampai angkatan terbaru tahun 2018.

Koordinator kegitan, Santri Djahimo, M.A., PHd mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini yakni untuk membangun semangat persaudaran serta membina keakraban antara mahasiswa, dosen, alumni pada program studi Bahasa Inggris.

“Perlu disadari bahwa dengan acara ini sebagai wujud semangat suka cita natal yang dapat membawa berkah bagi kita, dalam membangun kebersamaan serta membina keakraban antara mahasiswa, dosen, alumni di program studi Bahasa Inggris,” ungkapnya.

Lanjut Dia, Selama ini  jarang membuat suatu event yang mampu membangun keakraban di kampus. Sehingga tak jarang antara mahasiswa, dosen dan alumni kurang mampu mendekatkan diri sehingga terciptanya relasi yang erat antara sesama mahasiswa, dosen, dan alumni.

Selain itu, ketua Program Studi, John Wem Haan, mengatakan, berkah Natal dan Tahun Baru bisa membawa pembaharuan diri dalam diri mahasiswa, dosen serta alumni dalam menunjang kualitas Prodi Bahasa Inggris yang lebih baik lagi.

“Natal dan Tahun Baru ini membawa pesan kepada kita bahwa, sudah saatnya kita sebagai sesama pemeran di Prodi Bahasa Inggris untuk mampu merubah diri secepat mungkin dengan meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan, sehingga nantinya output dari Prodi Bahasa Inggris ini bisa diandalkan,” ujar Jhon.

Anjash Laoe selaku ketua panitia kegiatan ini berharap, dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa memiliki terhadap program studi, sehingga bisa bersama memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan dan kemajuan prodi Bahasa Inggris.

Sekadar untuk diketahui, acara Natal dan Tahun Baru bersama ini baru dirayakan kembali sejak 15 tahun yang lalu. Dalam memeriahkan acara tersebut, para mahasiswa menampilkan beragam talent show  seperti vokal grup, perkusi, musik dance. Selain mahasiswa, para dosen juga terlihat antusias untuk membawakan lagu natal.

Penulis: Ronis Natom

Editor: Boni J

.