Acara penandatanganan perjanjian hibah tanah milik Pemerintah Kabupaten Manggarai dan Belu ke PT Pertamina di Aula Alor ball room Hotel Ayana Labuan Bajo, Jumat (11/1/2018) (Foto: Sello Jome/ Vox NTT)

Labuan Bajo, Vox NTT-Tanah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai seluas 24.640 meter persegi di Kelurahan Wangkung, Kecamatan Reok resmi dihibahkan kepada PT Pertamina, Jumat (11/1/2019).

Acara penandatanganan penyerahan hibah tanah tersebut dilakukan di Aula ball room Hotel Ayana Labuan Bajo.

Dalam acara penandatanganan perjanjian itu, ada dua kabupaten di NTT yang menyerahkan tanahnya untuk dihibahkan ke PT Pertamina. Keduanya yakni tanah Pemkab Manggarai dan Belu.

Penandatangan perjanjian hibah tanah dihadiri oleh Bupati Belu Wilibrodus Lai bersama jajarannya.

Dari Manggarai hadir  Bupati Deno Kamelus,  Sekda Manseltus Mitak, Wakil Ketua I DPRD Paulus Peos, Wakil Ketua DPRD II Simprosa Rianasari Gandur, dan Ketua Pansus hibah tanah Rafael Nanggur.

Bupati Manggarai, Deno Kamelus saat diwawancarai oleh awak media mengatakan, pertumbuhan kendaraan di Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur tentu akan terus bertambah. Bahan bakar kendaraan-kendaraan di tiga kabupaten ini dipasok dari Depot BBM Pertamina Reo.

“Pertumbuhan ini, tentu membutuhkan bahan bakar minyak seperti bensin, solar dan seterusnya,” katanya.

Deno menjelaskan, dalam penyerahanan tanah  Ke PT Pertamina memang Pemkab Manggarai tidak mendapatkan keuntungan.

“Tidak ada, tidak ada, karena tanah itu dihibahkan,” tutur Deno.

Deno kembali mengisahkan, pada tahun 1979 ada surat dari Menteri Dalam Negeri semacam perintah kepada Bupati dan Gubernur se-Indonesia timur.  Dalam surat itu disebutkan dalam rangka pelayanan bahan bakar minyak, maka meminta pemerintah harus menyiapkan lahan untuk membangun Depot BBM Pertamina.

Menurut dia, penyerahan hibah tanah ke PT Pertamina hanya mau menuntaskan, apa yang dilakukan oleh Bupati Manggarai  Frans Dula Burhan pada tahun 1979.

Senior Vice President Aset Operation Management Pertamina, Alam Yusuf dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran bupati dan DPRD Kabupaten Manggarai dan Belu karena telah sepakat untuk menyerahkan tanah ini kepada PT Pertamina.

 

Penulis: Sello Jome
Editor: Ardy Abba