Ilustrasi

Bajawa, Vox NTT- Kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal digelar di Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada pada 26 April hingga 2 Mei 2019 mendatang.

BBGRM ini juga nantinya dipadu dengan perayaan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47, Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-5, Hari Keluarga Nasional ke-26 dan Hari Pendidikan Nasional.

Untuk memeriahkan kegiatan-kegiatan tersebut, sejumlah perlombaan juga turut digelar. Perlombaan melibatkan para pelajar dan masyarakat umum.

Panitia BBGRM khususnya seksi perlombaan dan hiburan telah menggelar rapat koordinasi persiapan di Aula Dinas Pendidikan Ngada, Rabu (20/3/2019) kemarin.

Rapat itu membahas sejumlah persiapan yakni penentuan jenis lomba, juri lomba, waktu pelaksanaan dan persyaratan peserta.

Perlombaan bagi pelajar dari TK hingga SMU/SMK di antaranya; lomba Ja’i kreasi, lomba pidato, lomba pop singer dan fashion show. Sedangkan bagi masyarakat umum diadakan lomba festival musik akustik.

Semua jenis perlombaan ini akan digelar selama 4 hari sejak tanggal 26 sampai 29 April 2019.

Sekolah yang diutus untuk mengikuti perlombaan merupakan perwakilan dari setiap kecamatan di Ngada.

Panitia akan segera menyurati pihak kecamatan dan sekolah untuk menentukan dan menyiapkan peserta lomba, termasuk juga mendata para pengisi acara hiburan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngada, Ny. Kurniati Soliwoa dalam rapat tersebut mengingatkan setiap seksi lomba untuk menyiapkan rancangan secara baik dan saling berkoordinasi. Sehingga bisa berjalan baik nantinya.

Menurut Ny. Kurniati, kegiatan BBGRM tingkat Provinsi NTT, dimana Ngada sebagai tuan rumah ini harus ditangkap sebagai momen berharga.

Itu terutama untuk membangun Ngada, mengenalkan potensi wisata, serta menggali kemampuan generasi muda.

Khusus untuk fashion show, jelas dia, ajang ini dimaksudkan menjadi media mempopulerkan tenunan Ngada. Selain itu bisa menemukan remaja berbakat khususnya di bidang fashion.

Sementara itu, Koordinator perlombaan yang juga Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Ngada, Johny Dopo berharap semua seksi lomba bisa bekerja maksimal untuk menyukseskan kegiatan besar berskala Provinsi ini.

Kata dia, setiap kecamatan dapat mengirimkan peserta terbaik untuk mengikuti pelombaan tersebut.

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Ardy Abba