Ketua KPUD Kabupaten TTU, Paulinus Lape Feka saat mengangkat bendera merah tanda dilepaskannya mobil yang akan mendistribusikan logistik ke Kecamatan Mutis, Senin 15 April 2019. (Foto: Eman/VoxNTT).

Kefamenanu, Vox NTT-KPU Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mulai melakukan distribusi logistik pemilu ke-20 kecamatan dari total 24 kecamatan di wilayah tersebut, Senin (15/04/2019).

Pantauan VoxNtt.com  logistik pemilu yang disimpan di gedung Bale Biinmafo yang didistribusikan ke 20 Kecamatan menggunakan kendaraan roda empat itu mendapat pengawalan ketat pasukan gabungan dari TNI dan Polri.

Komisioner Bawaslu Kabupaten TTU, Roswita Helena P.Taus, Perwakilan Polres TTU, Perwakilan Kodim 1618/TTU menghadiri acara pelepasan kendaraan pengangkut distribusi logistik oleh ketua KPU Kabupaten TTU, Paulinus Lape Feka.

Saat diwawancarai awak media Feka menuturkan, saat ini masih tersisa empat kecamatan yang belum dilakukan distribusi logistik. Itu di antaranya Kecamatan Biboki Selatan, Bikomi Tengah, Miomafo Tengah dan Kecamatan Kota Kefamenanu.

“Yang hari ini kita distribusi ada 20 kecamatan, tersisa 4 kecamatan yang akan kita distribusi besok (Selasa) dari kefamenanu singgah sebentar di kantor camat dan langsung didistribusikan ke TPS,” ujarnya.

Paulinus menjelaskan, alasan utama distribusi logistik ke 4 kecamatan itu ditunda sampai Selasa (16/04/2019) lantaran terjadi keterlambatan pengiriman logistik dari pusat ke kabupaten. Sehingga untuk memperkecil adanya persoalan, maka kata Feka, diutamakan pendistribusian logistik ke daerah kecamatan yang terjauh.

“Yang daerah terjauh itu kita pastikan logistik di wilayah itu aman, kalau daerah yang mudah kita jangkau agak terlambat sedikit tidak jadi persoalan. Tapi kita pastikan tanggal 16 sore itu, semua logistik sudah ada di TPS,” tandasnya.

Paulinus menambahkan, untuk surat suara DPR RI dan Provinsi yang terjadi kekurangan sudah tiba di Kefamenanu pagi tadi.

Sementara surat suara untuk pemilihan DPRD Kabupaten dan Presiden, jelasnya, sesuai informasi akan tiba hari ini juga.

“Kalau kotak suara semua sudah siap, termasuk kotak suara untuk kecamatan juga sudah siap,” jelasnya.

Terpisah, ketua Bawaslu kabupaten TTU, Martinus Kolo saat ditemui VoxNtt.com di ruang kerjanya menuturkan, pendistribusian logistik pemilu yang dilakukan hari ini juga mendapatkan pengawalan ketat dari pihaknya.

Untuk pendistribusian logistik pemilu dari tingkat kabupaten ke kecamatan, kata Kolo juga ikut dikawal ketat oleh tim Bawaslu.

Sementara di tingkat kecamatan akan dipantau oleh Panwascam hingga nantinya didistribusikan ke tingkat TPS.

“Dari Bawaslu ada terbagi dalam beberapa tim untuk melakukan pengawalan pendistribusian logistik ke jalur timur, pantura, barat dan selatan,” jelasnya.

Baca: Jelang Pemilu, Bawaslu TTU Gelar Patroli Siang-Malam

Penulis: Eman Tabean

Editor: Boni J