Anggota FP3 Kecamatan Biboki Selatan dan para mahasiswa KKN serta Bhabinkamtibmas Desa Upfaon Brigpol Herman Para saat melakukan penambalan di salah satu ruas jalan yang berlubang, Jumat 24 Mei 2019 (Foto: Arsip FP3 Biboki Selatan)

Kefamenanu, Vox NTT-Kelompok pemuda yang bermukim di wilayah Kecamatan Biboki Selatan, Kabupaten TTU yang tergabung dalam forum pemuda peduli pembangunan (FP3) menggelar bakti sosial, Jumat (24/05/2019).

Bakti sosial itu berupa penambalan jalan berlubang mulai dari gua Naijalu’U hingga perbatasan antara Desa Upfaon dan Supun atau sepanjang kurang lebih 4 km.

Pantauan VoxNtt.com, tampak Bhabinkamtibmas Desa Upfaon Brigpol Herman Para bersama beberapa tokoh masyarakat, serta beberapa mahasiswa yang sementara melakukan KKN di desa itu turut hadir dan berperan aktif dalam kegiatan baksos yang dikoordiniasi oleh Febro Saka Thaal dan Baltasar Manus tersebut.

Koordinator aksi baksos FP3 Bisel Febro Saka Thaal saat diwawancarai wartawan menuturkan, aksi sosial itu  berangkat dari keprihatinannya, dimana banyak ruas jalan sepanjang Upfaon hingga Supun yang berlubang.

Sehingga melihat itu, pihaknya tergerak hati untuk menambal jalan yang berlubang.

Untuk pendanaan kegiatan tersebut, kata dia, semuanya bersumber dari sumbangan masing-masing anggota dan sumbangan sukarela dari para tokoh masyarakat, serta pengusaha yang berada di Kecamatan Biboki Selatan.

“Sumbangan per anggota patokannya minimal Rp 5000 per orang, kalau untuk orang tua dan pengusaha yang mau bantu itu sesuai kemampuan masing-masing,” jelasnya.

Febro menambahkan, kegiatan kecil yang digelar ini merupakan wujud nyata kepedulian pihaknya untuk menjaga dan merawat aset daerah yang sudah dibangun oleh pemerintah.

Selain itu juga, jelasnya, dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan semangat gotong royong dalam diri kaum muda terus bertumbuh.

“Kita harapkan dari kegiatan ini,dapat membangkitkan semangat gotong royong yang mulai memudar terutama di kalangan muda Biboki Selatan,” tandasnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Upfaon Brigpol Herman Para memberi apresiasi yang besar atas niat baik yang dilakukan oleh para kaum muda kecamatan Biboki Selatan yang tergabung dalam FP3.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan itu menunjukkan jika kaum muda memiliki kepedulian dan kepekaan yang tinggi terhadap pembangunan di Kecamatan Biboki Selatan.

Lebih dari itu, ujarnya, penambalan jalan berlubang ini memberikan manfaat yang sangat positif karena bisa dapat mencegah terjadinya  kecelakaan.

“Kegiatan positif seperti ini harus terus ditingkatkan karena dengan begini bisa mencegah terjadinya tindakan kriminal yang disebabkan oleh kenakalan remaja,” imbaunya.

Penulis: Eman Tabean
Editor: Ardy Abba

alterntif text