Bupati TTS, Periode 2019-2024, Epy Tahun saat diwawancarai VoxNtt.com, belum lama ini. (Foto: L. Ulan/VoxNtt.com).

Soe,Vox NTT -Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Epy Tahun berharap 266 Kepala Desa (Kades) yang ada di TTS berdaya inovasi tinggi dalam membangun desa.

Inovasi para kades penting karena menurut Bupati Epy, setiap tahun, dana desa senilai Rp 266 Miliar lebih, berputar di 266 desa di TTS.

“Peluang dana desa ini, tentu butuh daya inovasi tinggi dari kepala desa untuk memberdayakan dan membangun desa,” sebut Bupati Epy saat membuka kegiatan inovasi desa, cluster I, di Kantor Camat Batuputih, Selasa (16/07/2019) lalu.

Ia juga menegaskan agar pengerjaan proyek fisik dari dana desa jangan sekali-kali menggunakan alat berat dari luar daerah. Para pekerja seperti tukang pun harus merupakan tukang lokal dari desa tersebut.

“Ini tujuannya, supaya dana desa itu berputar di desa. Masyarakat desa bisa meningkatkan perekonomian atau bisa berdaya secara ekonomi,” jelasnya.

Epy Tahun menandaskan, dirinya tak segan-segan akan mencopot kepala desa bila tidak mematuhi hal yang sudah dismpaikannya tersebut.

“Kepala desa yang tidak ikut ini, maka saya copot dan kasih penjabat kades saja. Saya sudah sampaikan hal ini di mana-mana,” tandas Epy Tahun.

Dalam rangka memberdayakan ekonomi pengrajin tenun ikat di TTS, Bupati Epy menjelaskan, dirinya segera menginstruksikan semua kepala sekolah mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK agar satu hari dalam seminggu, berbusana tenun etnik TTS.

Penulis: L. Ulan

Editor: Boni J

alterntif text