Plt Bupati Ende H. Djafar H. Achmad menyerahkan sapu lidi kepada Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Husni Tamrin, juara pertama kantor terkotor se-Kabupaten Ende. (Foto: Ian Bala/Vox NTT).

Ende, Vox NTT-Pelaksana tugas (Plt) Bupati Ende, H. Djafar H. Achmad menyerahkan peralatan kebersihan kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Para Camat dan Lurah yang juara kategori kantor terkotor tingkat Kabupaten Ende.

Penyerahan itu dilakukan usai upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT RI ke-74 di Lapangan Pancasila Ende, Sabtu (17/08/2019).

Ada tiga OPD yang meraih rangking kantor terkotor yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pertanian dan Peternakan serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Ketiga OPD ini masing-masing menerima sapu lidi serta tempat sampah.

Selain OPD, Plt Djafar juga menyerahkan peralatan serupa kepada tiga kecamatan terkotor yakni Kecamatan Ende Timur, Ende Tengah dan Ende Utara serta tiga kelurahan terkotor yakni Kelurahan Roworena Barat, Kelurahan Kota Ratu dan Kelurahan Tetandara.

Plt Bupati Ende Djafar Achmad kepada awak media menyebutkan, tujuan utama dalam perlombaan tersebut ialah untuk menjaga kebersihan di instansi pemerintah dan lembaga pendidikan.

“Tujuan memang untuk kebersihan. Kepalanya malas, pegawainya malas. Semuanya malas menjaga kebersihan di kantor sendiri,” katanya.

Untuk menindaklanjuti ini, jelas Djafar, akan dilakukan peninjauan atau pemeriksaan kebersihan setiap instansi pada tiga minggu berikut. Termasuk ke kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT.

“Tiga minggu lagi saya cek. Besok ini saya turun ke camat-camat dan RT untuk menggerak bersama menjaga kebersihan,” katanya.

Penulis: Ian Bala

Editor: Boni J

alterntif text