Yoakim Y. Jehati,  Sekretaris DPD II Partai Golkar Manggarai dan Sekretaris DPC PDIP Manggarai Aven Mbejak saat pengambilan formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati Manggarai di Sekretariat PDIP Manggarai,  Selasa (17/09/2019)
alterntif text

Ruteng, Vox NTT – Salah satu bakal calon Bupati Manggarai periode 2020-2025 Simprosiana Rianasari Gandut resmi mendaftar di DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal itu dibuktikan dengan pengambilan formulir pendaftaran oleh Sekretaris DPD II Partai Golkar Manggarai Yoakim Y. Jehati di Sekretariat DPC PDIP.

Kedatangan perwakilan Partai Golkar tersebut diterima langsung oleh Ketua DPC PDIP Manggarai Paulus Peos dan Sekretaris Aven Mbejak.

Yoakim menjelaskan,  pengambilan formulir itu untuk mendaftarkan nama Simprosiana Rianasari Gandut sebagai bakal calon Bupati Manggarai di PDIP.

Ia berharap agar Partai Golkar bisa berkoalisi dengan PDIP pada Pilkada Manggarai tahun 2020 mendatang.

“Kami berharap bisa berkoalisi dengan PDIP untuk membangun Manggarai tercinta. Kami adalah bagian dari solusi untuk Manggarai,” kata Yoakim kepada VoxNtt.com melalui pesan WhatsApp,  Selasa (17/09/2019).

Sebagai modal awal, kata Yoakim, partainya sudah memiliki 5 kursi di DPRD Manggarai. Tinggal mencari tambahan 7 kursi untuk menggenapi persyaratan di KPU sempat sesuai petunjuk peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mantan Ketua GMNI Manggarai itu menambahkan, PDIP dipilih untuk dijadikan sebagai salah satu mitra koalisi. Alasannya partai besutan Megawati Soekarno Putri itu memiliki platform yang mirip dengan Golkar.

“Kami sedang serius menggodok beberapa nama yang nantinya akan kami jadikan sebagai cawabup dan pada saatnya akan kami umumkan ke publik,” tutupnya.

Untuk diketahui, apabila Golkar dan PDIP berkoalisi di Pilkada Manggarai tahun 2020 mendatang, maka akan berjumlah 9 kursi. Jumlah tersebut sudah memenuhi persyaratan minimal 7 kursi (20%), bahkan melampaui target.

Selain itu,  pada pemilihan legislatif 2019, Partai Golkar meraih sebanyak 17.382 suara sah (5 kursi). Sementara PDIP meraih sebanyak 20.486 suara sah (4 kursi) di DPRD Manggarai.

Penulis: Pepy Kurniawan
Editor: Ardy Abba